Find Us On Social Media :

Jos, Mantan Office Boy yang Berhasil Jadi Bos Empat Perusahaan Beromzet Puluhan Miliar Rupiah

By Intisari Online, Sabtu, 6 Oktober 2018 | 11:45 WIB

 

Intisari-Online.com - Boleh jadi, Bernardus Joseph Te Victoria tak pernah bermimpi punya bisnis sendiri. Menjejak di Ibukota sebagai seorang office boy, kini dia jadi bos dari sejumlah usaha.

Jos, panggilan akrab Bernardus, membangun empat bisnis dibidang teknologi. Semua bisnis ini, ia bangun satu per satu sejak 2013 lalu.

Yang pertama adalah Numedia. Perusahaan jasa push konten digital ini resmi meluncur pada 2016 lalu. "Persiapannya memang butuh waktu yang lama karena sulitnya menyiapkan sistem teknologi," kata Jos pada KONTAN.

Sekedar info, Numedia menawarkan jasa push konten digital melalui jaringan internet. Dengan teknologi ini, klien bisa memutar video promosinya secara bersamaan di seluruh daerah.

Baca Juga : Deretan Foto Warga yang Menjarah Mall dan Toko Setelah Gempa dan Tsunami di Palu

Ide bisnis ini berawal dari masalah para pelaku usaha yang kesulitan memastikan video promosinya bisa diputar diseluruh gerai. Sebab, membutuhkan waktu yang lama untuk pengiriman konten lewat USB atau DVD.

Sampai, jasa push konten ini sudah melayani 800 titik dari Aceh sampai Papua. Kliennya pun didominasi perusahaan ritel dan kafe.

Setelah Numedia, bisnis-bisnis lain segera menyusul. Antara lain, Numotion (agency production), Kamubisa.com (website TV berkonten segala tutorial) dan Goline (sistem antrian online) yang siap meluncur pada awal Oktober 2018.

Seluruh bisnisnya menyasar korporasi dan komunitas. Sayang, Jos enggan menyebutkan klien yang sedang menggunakan jasanya.

Baca Juga : Inilah 3 Ibu Kota Negara yang 'Berbahaya' untuk Ditinggali, Salah Satunya di Timur Indonesia

Kini, Jos mempekerjakan 65 orang karyawan untuk menjalankan roda bisnisnya. Melalui keempat bisnisnya, dia berhasil meraup omzet puluhan miliar setiap tahunnya. Namun, dia kembali enggan menyebutkan total laba yang dikantonginya.

Bak diikuti dewi fortuna, Jos tidak melakukan strategi marketing khusus untuk mendapatkan konsumen. Karena, seluruh konsumennya datang sendiri berbekal rekomendasi dari teman atau rekanan bisnis.

Lewat keempat bisnis yang berhasil dibangun, Jos berhasil merubah nasibnya dari seorang office boy media menjadi pengusaha sukses.