Find Us On Social Media :

Kanyon, Drone 'Kiamat' Rusia dengan Torpedo Berkekuatan Nuklir Terbesar di Dunia, Pencipta Tsunami Radioaktif

By Ade Sulaeman, Kamis, 4 Oktober 2018 | 13:28 WIB

Intisari-Online.com - Dokumen senjata nuklir AS yang bocor pada Januari lalu menegaskan bahwa pemerintah Rusia sedang mengembangkan senjata nuklir paling kuat dalam lebih dari setengah abad.

Sebuah salinan yang bocor dari Pentagon’s Nuclear Posture Review menyatakan bahwa Rusia sedang mengembangkan sebuah "torpedo otonom bawah laut baru yang bersenjata nuklir lintas benua."

Keberadaan senjata, yang dikenal sebagai Kanyon oleh Pentagon dan "Ocean Multipurpose System Status-6" oleh Rusia, pertama kali dibocorkan oleh televisi Rusia pada November 2015.

Sebuah tes yang melibatkan Sarov, kapal selam induk Rusia, dibocorkan pada bulan Desember 2016.

Baca Juga : Pierre Tendean, Letnan Tampan Berdarah Prancis yang Jadi Rebutan Para Jenderal

Laporan Tinjauan Postur Nuklir, tertanggal Januari 2018, mendaftar senjata itu sebagai bagian dari persenjataan nuklir bawah laut Rusia.

Berikut ini tangkapan layar, dengan Kanyon dilingkari merah:

Menurut klaim dalam dokumen Rusia yang bocor, Kanyon dilaporkan merupakan kendaraan bawah air otonom yang sangat panjang yang memiliki jangkauan 6.200 mil, kedalaman maksimum 3.280 kaki, dan kecepatan 100 knot.

Baca Juga : Tidak Bisa Berjalan dan Sekolah, Ini yang Dilakukan Tiga Bersaudara di China Agar Tetap Bersemangat

Tapi yang benar-benar membuat Kanyon menjadi mimpi buruk adalah muatan drone torpedo: senjata termonuklir berkekuatan 100 megaton.

Sebagai perbandingan, bom atom yang dijatuhkan di Hiroshima adalah 16 kiloton, atau setara dengan 16.000 ton TNT.

Sementara kekuatan nuklir Kanyon setara dengan 100.000.000 ton TNT. Itu dua kali lebih kuat dari Tsar Bomba, senjata termonuklir paling kuat yang pernah diuji.

Jika sampai dijatuhkan di Kota New York, bom 100 megaton akan membunuh 8 juta orang secara langsung dan melukai 6 juta lebih.