Find Us On Social Media :

300 Koin Emas Ditemukan di Italia, Inikah Bukti Runtuhnya Kekaisaran Romawi?

By Muflika Nur Fuaddah, Sabtu, 15 September 2018 | 16:00 WIB

Intisari-Online.com- Kementerian Kegiatan dan Warisan Budaya Italia baru saja mengumumkan penemuan 300 koin emas berusia 1.500 tahun di sebuah reruntuhan bioskop di Como, Italia Utara.

Ratusan koin yang ditemukan dalam sisa amphora, sejenis toples penyimpanan, tersebut diperkirakan merupakan bagian dari kekaisaran Romawi kuno.

Amphora sendiri diketahui sering digunakan untuk menyimpan dan mengangkut cairan seperti anggur dan minyak zaitun.

Mulanya, koin-koin itu ditemukan oleh tim konstruksi lalu penggaliannya diambil alih oleh tim arkeolog dari kementerian terkait.

Baca Juga : Pernah Sangat Berkuasa di Dunia, Kekaisaran Romawi Runtuh Karena 4 Hal Ini

Selanjutnya, mereka membawa ratusan benda bersejarah itu ke laboratorium di Milan.

Sebenarnya, penemuan jenis koin ini bukan pertama kalinya terjadi.

Beberapa penemuan koin serupa terjadi di banyak situs di Mediterania kuno, salah satunya di kapal induk berusia 1.500 tahun di Corinth, Yunani.

Meski begitu, timbunan koin emas dalam jumlah banyak merupakan sebuah penemuan yang langka. Itu karena banyak misteri yang harus dipecahkan para arkeolog.Baca Juga : 7 Senjata Canggih 'Bangsa Barbar yang Biadab' saat Menyerang Bangsa Romawi

Misalnya saja, kapan tepatnya koin-koin itu ditimbun, siapa yang menyimpannya, atau mengapa benda langka itu ditinggalkan begitu saja?

Bukti Runtuhnya Romawi?

Menurut catatan sejarah, Kekaisaran Romawi barat runtuh pada 1.500 tahun lalu akibat banyaknya perang yang terjadi di Italia.

Dirangkum dari Live Science, Selasa (11/09/2018), saat itu Kekaisaran Romawi telah terbagi dua.