Find Us On Social Media :

Tahun Depan Ridwan Kamil Ingin Ubah Kalimalang di Bekasi Mirip Cheonggyecheon di Korea

By intisari-online, Kamis, 13 September 2018 | 06:15 WIB

Intisari-online.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana merevitalisasi Kalimalang, Kota Bekasi menjadi mirip Sungai Cheonggyecheon, Seoul, Korea Selatan.

Hal tersebut terlihat dari foto yang diunggah Ridwan Kamil dari akun Instagram pribadinya, @ridwankamil, Rabu (12/9/2018).

Foto tersebut menyandingkan Kalimalang dengan Sungai Cheonggyecheon.

"Warga Kota Bekasi tercinta, sudah dimulai desain dan perencanaan, revitalisasi Kalimalang. Semoga bisa sekeren sungai Cheonggyecheon di Seoul. Dikawal warga teladan kang @kangmalik_," tulis mpria yang akrab disapa Emil itu dalam akun Instagramnya.

 Baca Juga : Jokowi Ingin Sungai Ciliwung Seperti Sungai Cheonggyecheon, Sungai Buruk Rupa yang 'Disulap' Jadi Cantik

Anggota Tim Pokja Sinkronisasi Jawa Barat wilayah Bodetabek Imam Malik mengaku sudah dihubungi Emil untuk mengobservasi titik-titik di Kalimalang yang akan direvitalisasi.

"Dia (Ridwan Kamil) telepon ke saya untuk memfoto mulai dari titik mana yang menurut (saya) baik, jadi saya mulai (peninjauan) dari Tol Timur (Gerbang Tol Bekasi Timur) hingga dekat Hotel Horison. Saya sudah sampaikan foto-fotonya. Malam (saya) dapat kabar ini (revitalisasi Kalimalang) prioritas 2019 akan dibangun," kata Imam.

Dari hasil pengamatannya, Imam menawarkan tiga titik lokasi Kalimalang yang akan direvitalisasi pada tahap awal.

Tiga lokasi tersebut adalah dekat lampu merah Tol Bekasi Timur, area dekat Kampus Unisma, dan kawasan Kalimalang dekat Hotel Horison.

"Saya tawarkan tiga titik, 2-3 hari ini akan ada pengecekan langsung dari Bandung (Pemprov Jawa Barat). Observasi saya akan kawal, baru nanti ditetapkan mana yang akan dibangun (direvitalisasi)," ujar Imam.

Ridwan Kamil telah membentuk tim pokja sinkronisasi Jawa Barat sebagai tempat menampung aspirasi masyarakat.

DULU JUGA KOTOR

Sungai Cheonggyecheon sudah ada sejak zaman Dinasti Joseon ratusan tahun lalu.