Inilah 4 Alasan Mengapa Xiaomi Begitu 'Perkasa' di Pasar Indonesia

Moh. Habib Asyhad

Penulis

Intisari-online.com - Melihat perekembangan Xiaomi di Indonesia, rasanya vendor ini tak henti-hentinya membuat konsumen terkesima.

Pada tahun 2018 ini bisa dikatakan adalah tahun keemasan bagi Xiaomi, khususnya di Indonesia, sebab banyak pencapaian berhasil diraihnya.

Misalnya Xiaomi Redmi 5A sukses menjadi ponsel Android terlaris di dunia mengalahkan raja Android Samsung.

Hingga yang terbaru adalah pangsa pasar Xiaomi di Indonesia yang berada di posisi kedua dan menempel ketat Samsung.

Baca Juga : Besok Ada Flash Sale Xiaomi Redmi 6A di Blibli, Catat Jam dan Caranya

Dengan beberapa pencapaian tersebut bukan tidak mungkin nama Xiaomi akan begitu diperhitungkan segaligus menebar ancaman bagi brand lain.

Lantas, mengapa Xaiomi bisa begitu perkasa di pasar smartphone khususnya di Indonesia, berikut ini 4 alasannya.

1. Pangsa pasar menggila

Pada Sepetember 2018 ini berdasarkan data IDC Xiaomi berada di urutan kedua ponsel terbesar di Indonesia dengan pangsa pasar mencapai 25%.

Angka tersebut cukup 'gila' mengingat sebelumnya Xiaomi hanya mencapai 3% dari penjualannya di Indonesia.

Namun, dengan penuh konsistensi Xiaomi kini melesat dengan pertumbuhan mencapai 22%, tentu itu adalah pencapaian yang sangat fantastis.

Baca Juga : Xiaomi Redmi 6A Hanya Gunakan Prosesor MediaTek, Tanda Kemunduran Xiaomi?

2. Harganya tak masuk akal

Ketika brand lain berinovasi membuat ponsel dengan teknologi terbaru dan berlomba-lomba dengan kecanggihan.

Xiaomi menunjukkan sisi lain dari caranya menawarkan ponselnya, selaian membuat ponsel canggih Xaiomi selalu membuat kejutan dengan harganya yang tak masuk akal.

Misalnya, Xiaomi Pocophone F1 merupakan salah satu ponsel Xiaomi yang berhasil memberi 'tamparan' keras ponsel-ponsel flagship saat ini.

Pasalnya dengan spesifikasi sama, Pocophone F1 menawarkan harga lebih murah hingga selisih Rp5 jutaan dari brand-brand lain.

Baca Juga : Xiaomi Rebutan Pangsa Pasar Indonesia Dengan Samsung, Merek Lain Dibuat Menderita

3. Tak butuh iklan

Jika ponsel lain melakukan promosi berar besaran dengan menyewa artis papan atas atau menampilkan iklannya di layar televisi maupun internet.

Xiaomi justru tak melakukan hal sama, sebagai gantinya Xaiomi justru melakukan inovasi dengan membuat tindakan nyata untuk menarik pangsa pasar.

Misalnya, Xiaomi membuat ponsel sama dengan harga murah, meski murah Xiaomi tetap membuat ponselnya terkesan ekslusif, yaitu dengan sistem penjualan dengan cara flash sale.

Baca Juga : Dilaporkan Banyak Masalah, Xiaomi Langsung Lakukan 10 Perbaikan Ini di Pocophone F1

4. Diterima dengan baik oleh konsumen

Sebagai pendatang baru kehadiran Xiaomi telah memberi warna baru bagi penggunanya, terlebih ponsel ini telah membuat banyak konsumen jatuh hati.

Sebagai contoh nyata, di Indonesia Xiaomi secara resmi memiliki penggemar yang dijuluki dengan MI Fans, sebuah komunitas nyata dan diakui publik sebagai bentuk apresiasi terhadap brand Xiaomi.

Hal itu menunjukkan bahwa produk ini memang diterima dengan baik oleh konsumen, khususnya di Indonesia.

Artikel Terkait