Find Us On Social Media :

Jika di Indonesia Lumrah maka di Amerika Ngeloni Bayi Tindakan Kontroversi, Begini Alasannya

By Moh Habib Asyhad, Selasa, 6 Juni 2017 | 18:15 WIB

Gairah menurun setelah melahirkan

Intisari-Online.com - Ngeloni bayi yang berusia lebih dari empat bulan lumrah dilakukan di Indonesia. Tapi tidak dengan di Amerika Serikat. Di sana, kebiasaan ini masuk kategori tindakan kontroversi.

Menurut sebuah riset yang dilakukan Ian Paul dari Pennsylvania State University, bayi yang selalu dikeloni setelah umur empat bulan tidak akan tidur nyenyak dan terbangun dalam waktu yang pendek.

(Baca juga: Duh! Gara-gara Terkena Penyakit Langka, Ibu Ini Alergi pada Bayi yang Dikandungnya Sendiri)

Oleh sebab itu, usul Paul, bayi yang usianya lewat dari empat bulan harus dibuatkan tempat tersendiri. Selain itu, di tempat baru itu, orangtua tak perlu menaruh bantal dan guling berlebih serta mainan yang mengganggu.

Riset ini sejatinya merupakan bantahan dari rekomentasi American Academy of Pediatrics (APP) yang menganjurkan setiap orangtua tidur bersama dalam satu ruangan tetapi beda ranjang selama 1 tahun atau paling tidak 6 bulan.

Rekomentasi itu muncul karena banyaknya kasus sindrom kematian tiba-tiba pada bayi (SIDS).

Data Pusat Pencegahan dan Kontrol Penyakit Amerika Serikat mengungkap, tahun 2015, 3.700 bayi di negara itu mati karena masalah tidur.

Dan Paul termasuk orang yang skeptis dengan rekomendasi AAP itu.

“Salah satu alasan kita ingin menggali hal ini adalah bukti yang sangat lemah untuk rekomendasi 6-12 bulan. Saya pikir AAP yang ingin mencegah kasus SIDS telah melihat dengan perspektif yang bias,” ujar Paul.

Untuk membuktikan sikap skeptisnya, Paul meneliti 230 keluarga yang memiliki bayi.

Separuh keluarga diminta menempatkan bayi dalam ruang tidur berbeda saat usia mencapai 3 bulan. Sementara, setengah lainnya diminta mengikuti rekomendasi AAP. Periset datang ke rumah pada tiap periode tertentu untuk mengontrol dan memberi arahan.

Dari situ Paul menemukan bahwa bayi yang tidur di ruang tersendiri setelah berumur empat bulan tidur selama 10,5 jam. Itu lebih lama dari bayi yang baru dipisah tidurnya pada usia 9 bulan (9,75 jam) dan antara 4-9 bulan (10 jam).