Find Us On Social Media :

Muncul 'Sinkhole di Sukabumi, Ini 5 'Sinkhole' Paling Terkenal di Dunia, Ada yang Sedalam 640 Meter!

By Mentari DP, Sabtu, 8 September 2018 | 11:45 WIB

Intisari-Online.com – Pada Jumat (9/2/2018) pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, segera melakukan penelitian geologi terkait munculnya puluhan lubang akibat tanah amblas di sejumlah kecamatan.

Tak lama setelah itu, pada Kamis (2/8/2018), sekitar pukul 15.30 WIB, seorang penambang tradisional yang juga warga setempat menemukan sebuah gua di penambangan batu kapur, Dusun Krajan, Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.

Seperti yang kita tahu, dua kejadian di atas sering disebut sinkhole atau sebuah kejadian di mana Bumi runtuh dengan sendirinya lalu menyedot segala sesuatu di belakangnya.

Diketahui fenomena alam tersebut dapat terjadi di mana saja. Seperti di kedalaman laut hingga lingkungan perkotaan.

Baca Juga : Marvel Rilis Foto Ekslusif Film Captain Marvel, Ini Kumpulan Foto dan Bocoran Ceritanya

Kadang kita bisa menemukan tempat yang indah di dalam lubang tersebut, seperti di Tuban. Namun terkadang kita tidak menemukan apa-apa selain tanah yang runtuh.

Nah, sebenarnya sinkhole sering terjadi di seluruh belahan dunia manapun.

Namun dari berbagai kejadian, inilah 7 sinkhole paling terkenal di dunia namun juga berbahaya seperti dilansir dari popularmechanics.com.

Fukuoka, Jepang

Lima lajur jalan lenyap di kota Fukuoka, Jepang pada tahun 2016 karena sebuah lubang yang hampir 30 meter lebarnya dan 15 meter dalamnya menghisap trotoar dan kemudian dipenuhi dengan air.

Xiaozhai Tiankeng, China

Sinkhole ini merupakan sinkhole terbesar di dunia. Ditemukan pada tahun 1994.

Sinkhole berlubang ganda ini mencakup air terjun di kedalaman lebih dari 640 meter. Sementara seluruh lubang panjangnya 609 meter dan lebar 536 meter.