Find Us On Social Media :

Do Won Chang: Dulu Karyawan Bergaji Rendah Kini Triliuner Pemilik Kerajaan Busana Level Dunia

By Moh Habib Asyhad, Senin, 5 Juni 2017 | 18:45 WIB

Do Won Chang

Intisari-Online.com - Selain menjadi kebutuhan primer karena digunakan untuk menutupi tubuh, sandang dapat menunjukkan estetika, gaya, serta karakter seseorang.

Maka dari itu tidak jarang pengusaha busana yang bermunculan hingga menguasai daftar orang-orang terkaya di dunia.

(Baca juga: Kuadtriliuner Pertama di Dunia akan Muncul dari Industri Kecerdasan Buatan)

Dari sekian banyak kisah, mungkin Do Won Chang menjadi salah satu pengusaha busana paling inspiratif asal AS yang berhasil sukses bahkan mendunia dengan karyanya.

Kerajaan busana yang diciptakan Do Won Chang mungkin cukup familiar. Namanya Forever 21, sebuah toko yang menjual beragam pilihan baju, celana, dan aksesoris di berbagai negara termasuk Indonesia.

Terhitung tahun 2017, Do Won Chang dan istrinya yang bernama Jin Sook Chang memiliki kekayaan hingga sekitar Rp37,3 triliun. Akan tetapi ia tidak sukses dalam semalam atau sekadar melanjutkan usaha keluarganya.

Sepasang imigran Korea Selatan ini harus bekerja keras untuk mendapatkan keberhasilan finansial yang kini dimilikinya.

Semua dimulai di tahun 1981 saat Do Won dan keluarganya pindah ke Amerika Serikat dari kesempatan sempit yang ditawarkan Korea Selatan pasca guncangan politik.

Dengan “bekal” yang tidak banyak seperti pendidikan akhir sekadar SMA, Do Won harus bekerja keras untuk tetap bisa bertahan di Negara Paman Sam bersama keluarganya.

Sesampainya di AS, Do Won melakukan pemberhentian sekitar satu hari di Hawaii untuk mengurus green card yang merupakan surat izin kerja di negara ini.

Akhirnya Do Won menetap di tempat saudarinya di Los Angeles dan mulai mencari kesempatan kerja di umur 22 tahun.

Pertama ia mendapatkan kerja di kedai kopi lokal dengan tugas menyuci dan menyiapkan makanan di dapur dengan gaji sekitar Rp39 ribu per jam.