Find Us On Social Media :

Tragis! Gara-gara Telur Ulang Tahun, Mata Pemuda 19 Tahun Ini Jadi Buta

By Agus Surono, Senin, 5 Juni 2017 | 17:00 WIB

Akibat lemparan telur, mata kiri Yusuf mengalami kebutaan.

Intisari-Online.com – Maksud hati membuat kejuatn seseorang, namun ternyata kejutan itu mengejutkan semuanya.

Adalah peristiwa ulang tahun Muhammad Yusur Permana yang menjadi pangkal persoalan ini.

Di acara ulang tahunnya itu, sebuah telur mendarat di mata kirinya. Maksud teman-temannya ingin membuat kejutan. Dua hari setelah kejadian itu, mata kiri Yusuf terasa perih dan lima hari kemudian, mata tersebut mengeluarkan nanah hingga tidak bisa dibuka.

(Baca juga: Kabupaten Mamuju Kembali Diteror Ular Piton, Ukuran dan Panjangnya Bikin Kaki Gemetar)

Remaja usia 19 tahun asal Leuwi Jambe, Desa Kadumangu, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor itu akhirnya mengalami kebutaan.

Dokter spesialis mata, dr. Gilbert Simanjuntak, Sp.M, mengatakan, kebutaan yang dilami Yusuf bisa disebabkan oleh beberapa hal, antara lain putusnya saraf mata akibat benturan antara telur dan mata. Kondisi itu dikenal dengan istilah traumatik optik neuropatik (TON).

“Kedua, serpihan telur itu merobek kornea matanya. Atau mungkin ada yang luka kemudian infeksi,” kata Gilbert saat dihubungi oleh Kompas.com pada hari Sabtu (3/6/2017).

Gilbert mengatakan, bakteri juga dapat berperan merusak kondisi mata. Namun, dalam peristiwa yang dialami Yusuf, bakteri tidak datang dari dalam telur. “Kulit telur itu mungkin saja banyak jamur. Lalu, kalau kena jamur bisa buta,” ucapnya.

Bakteri Pseudomonas aeruginosa, misalnya, merupakan bakteri yang sangat ganas dan berbaya bagi mata. Bila mengenai mata, cukup satu hingga dua hari bagi pasien untuk mengalami kebutaan. “Datangnya bisa dari kulit telur saat kena mata Yusuf,” ujar Gilbert.

Kasus Yusuf bukanlah yang pertama. Tahun 2013 lalu misalnya, Ann Doody seperti diberitakan Irish Times buta akibat lemparan telur remaja iseng. Doody diperlakukan bak sasaran tembak. Usai melempar dari dalam mobil, si remaja berteriak, "Yeah, saya tepat sasaran!"

Setelah mengetahui bahwa telur bisa berujung petaka bila tak digunakan semestinya, maka setelah kasus Yusuf, ada baiknya kita belajar dan berhenti melakukan perayaan ulang tahun dan lainnya dengan melempar telur mentah.

Lebih baik ceplok saja