Find Us On Social Media :

Sangar! Perancis Kembangkan Jet Tempur Generasi Kelima Berteknologi Siluman

By Moh Habib Asyhad, Minggu, 4 Juni 2017 | 14:30 WIB

Prancis akan kembangkan jet tempur berteknologi siluman

Intisari-Online.com - Jet tempur Rafale produksi Prancis termasuk yang ditawarkan ke Indonesia dan bersaing dengan jet tempur Gripen produksi Swedia dan Su-35 buatan Rusia.

Demi memenuhi tantangan tempur di masa depan, Prancis berencana memproduksi varian baru jet tempur Rafale hingga memiliki kemampuan seperti jet tempur generasi kelima, yakni jet tempur berteknologi siluman (stealth).

(Baca juga: Yana Zein: Kanker Itu Ada di Badan Kita dan Bisa Menyerang Kapan Saja)

Proses produksi jet tempur yang dinamai Rafale F4 Next Generation itu akan digarap oleh industri pesawat tempur Perancis, Dassault dan Kementerian Pertahanan Prancis.

Sebagai jet tempur masa depan yang harus mampu bersaing dengan jet-jet tempur generasi kelima produksi Rusia, AS, China, Jepang, dan lainnya, Dassault akan meningkatkan kemampuan teknologi  mesin Rafale F4 serta pemasangan sistem persenjataan untuk mengoperasikan rudal.

Sistem persenjataan yang akan dipasang antara lain radar AESA dan rudal MBDA Meteor terbaru, penjejak sasaran terbaru PDL-NG, dan lainnya.

Pengembangan Rafale F4 sendiri bermodal dasar dari teknologi jet tempur Rafale F3-R yang merupakan andalan AU Prancis.

Sebanyak 180 unit Rafale F3-R telah dipesan oleh AU Prancis dan sekitar 78 unit lainnya dipesan oleh India, Qatar dan Mesir.

Proses penggarapan untuk mengembangkan  Rafale F4, direncanakan rampung pada tahun 2023.

(Baca juga: Tahi Lalat Pembawa Berkat)

Setelah melalui berbagai tes tertang, jet tempur yang berkualifikasi generasi kelima ini sudah siap operasional pada tahun 2025.

Seperti Rafale pendahulunya, jet-jet tempur Rafale generasi kelima ini selain dioperasikan oleh AU dan AL Perancis juga diekspor ke negara lain.