Find Us On Social Media :

Tinggal Selangkah Lagi China akan Memproduksi Massal Pesawat Siluman J-20, Amerika Wajib Waspada

By Intisari Online, Kamis, 6 September 2018 | 17:45 WIB

Intisari-Online.com - Ambisi China untuk menyaingi kekuatan militer Amerika ternyata tak pernah main-main.

Dan tinggal selangkah lagi, Negeri Tirai Bambu itu akan memproduksi secara massal pesawat siluman J-20.

Pesawat yang sulit dideteksi radar itu ditargetkan bisa diproduksi secara massa pada akhir tahun ini—seiring dibuatnya mesin baru yang lebih canggih.

Jet tempur itu menggunakan mesin WS-15 yang dikembangkan dalam beberapa tahun terakhir.

Dianggap Pesaing Utama Pesawat Siluman F-22 Raptor Milik AS, Beginilah Kecanggihan Chengdu J-20 China

Kendala mesin yang kerap dihadapi terutama dalam bilah turbin yang tak mampu menahan panas saat berputar dalam kecepatan tertinggi.

Meski begitu, setelah menggunakan bilah turbin berbahan kristal tunggal, kendala panas dapat diatasi baik dalam tes di darat maupun uji coba terbang.

Kini teknisi militer China berupaya agar mesin tersebut dapat diproduksi massal.

Seperti diberitakan oleh SCMP, Beijing berambisi membuat pesawat jet siluman milik mereka sendiri yang akan mampu bersaing dengan jet terbaik di dunia.

Situasi di Asia-Pasifik kini juga tengah menanas dengan Amerika Serikat meningkatkan penyebaran jet tempur F-22 dan F-35 di wilayah tersebut.

"Mesin WS-15 ini diharapkan untuk siap dipasang secara luas pada jet tempur J-20 pada akhir tahun ini," kata salah satu sumber kepada SCMP.

Meskipun tetap ada sejumlah kendala minor, diyakini permasalahan yang ada akan dapat terpecahkan setelah mesin secara luas terpasang di pesawat.

Pakar pengamat militer yang berbasis di Beijing, Zhou Chenming, menyampaikan, China memperkirakan AS akan meluncurkan sekitar 200-300 jet tempur F-35 di wilayah Asia-Pasifik pada 2025, dengan sebagian besar dilengkapi teknologi siluman yang canggih.