Find Us On Social Media :

Bagi yang Enggak Suka Meditasi, Enam Kegiatan Relaksasi Ini Dijamin akan Membuat Anda Bebas Stres

By Moh Habib Asyhad, Sabtu, 3 Juni 2017 | 20:00 WIB

Aktivitas relaksasi bagi yang enggak suka meditasi

Intisari-Online.com - Jika Anda mengalami stres atau gangguan kecemasan, banyak orang menyarankan untuk melakukan meditasi. Para psikiater juga merekomendasikan terapi dengan cara ini.

Namun, meskipun begitu, meditasi tidak berlaku bagi semua orang. Berikut ada enam jenis kegiatan relaksasi yang bisa menenangkan pikiran Anda tanpa meditasi:

Berkesenian dan kerajinan

Bekerja dengan tangan menyalurkan energi menjadi sesuatu yang produktif. Terkadang, hasilnya menjadi kreasi yang sangat indah.

“Menjadi artistik bisa menenangkan diri. Dan ketika kita fokus pada aktivitas yang kreatif, perhatian akan teralih dari kecemasan. Hal ini membuat sistem saraf jadi lebih teratur dan bisa menjernihkan pikiran,” kata Kimberly Hershenson, terapis dari New York, AS.

(Baca juga : Inilah Lima Teknik Relaksasi yang Cepat Hilangkan Stres)

Yoga

Banyak manfaat dari berlatih yoga – pikiran yang tenang adalah salah satunya.

Yoga pada dasarnya merupakan meditasi aktif yang bagus untuk menangani kecemasan. Ia membantu kita fokus pada pernapasan dan tidak terjebak pada pikiran diri sendiri.

“Yoga membantu membangun konsentrasi dan bagus untuk memperbaiki fokus. Dengan kata lain, yoga meningkatkan memori dan kekuatan otak,” kata Silvia Polivoy, psikolog klisnis dan wakil pendiri Thevine Spiritual Center.

Berjalan kaki

Ini terdengar simpel. Sama seperti yoga, berjalan kaki di luar rumah (tanpa membawa handphone) membuat kita mengalihkan energy cemas ke aktivitas fisik.