Find Us On Social Media :

Tua-tua Keladi: Meski Sudah 105 Tahun, Kunwar Bai Yadav Sukses Jadi Pelopor Pembangunan Toilet di India

By Moh Habib Asyhad, Jumat, 26 Mei 2017 | 19:15 WIB

Kunwar Bai Yadav, pelopor pembangunan toilet di India

Intisari-Online.com - Tua-tua keladi, makin tua makin menjadi. Ujaran bijak itu sepertinya pantas disematkan kepada Kunwar Bai Yadav.

Meski sudah berusia sangat sepuh, 105 tahun, Kunwar sukses jadi pelopor pembangunan toilet di sebuah distrik di Negara Bagian Chhattisgarh, India bagian tengah.

(Baca juga: Inilah "Phunsukh Wangdu" Asli, Insinyur Jenius yang Menginpirasi Peran Aamir Khan dalam 3 Idiots)

Atas jasanya, distrik itu kini dinyatakan sebagai distrik bebas dari buang air besar sembarangan. Atas jasanya juga, Kunwar mendapatkan penghargaan dari Pemerintah India.

Distrik itu, seperti dilaporkan BBC, terletak sekitar 100 km dari Rajpur, ibukota Chhattisgarh.

Desa ini dihuni oleh 18 keluarga, yang tergusur akibat pembangunan bendungan di sungai Mahanadi, akhir tahun 1970-an.

Desa kecil yang hampir tak masuk peta ini susah dibayangkan untuk menjadi titik di mana revolusi terjadi; dan warga tertua di desa ini, Kunwar Bai Yadav, sulit dibayangkan sebagai seorang revolusioner.

Tapi percayalah, siapa pun berhak menjadi soerang revolusioner!

Dan semua berubah dalam beberapa tahun terakhir; nama Yadav dan desanya telah tercatat dengan huruf-huruf besar dalam perjalanan negara bagian itu untuk bebas dari kebiasaan buang air hajat di alam terbuka.

Yadav sendiri telah dianggap sebagai maskot kampanye mengurangi buang air besar sembarangan di sana.

Tak sekadar pengakuan, Perdana Menteri India Narenda Modi bahkan secara khusus membungkuk dan menyentuh kaki perempuan tua ini.

Di India ini adalah tanda seseorang menunjukkan penghormatan setinggi-tingginya. Tak lupa, Nodi juga menetapkan distrik itu telah bebas dari kebiasaan buang besar sembarangan.