Find Us On Social Media :

Raja Malaysia Kembalikan Dana Perayaan Ulang Tahunnya Demi Bantu Negaranya Bayar Utang

By Intisari Online, Jumat, 31 Agustus 2018 | 11:30 WIB

Intisari-Online.com - Raja Malaysia Yang di-Pertuan Agong Sultan Muhammad V memutuskan batalkan perayaan ulang tahun yang jatuh di 9 September nanti.

Pengawas Rumah Tangga Kerajaan Wan Ahmad Dahlan Abdul Aziz berkata, raja berusia 48 tahun itu juga membatalkan upacara minum teh.

Dilaporkan Channel News Asia Jumat (31/8/2018), dana dari dua kegiatan tersebut rencananya bakal disumbangkan ke Tabung Harapan Malaysia.

"Yang Mulia menyampaikan terima kasih kepada Kantor Perdana Menteri yang telah merencanakan kegiatan untuk perayaan ulang tahun ini," kata Wan Ahmad Dahlan.

Baca juga: 76 Hari Terkatung-katung di Atlantik Seorang Diri, Kepribadian Callahan Terpecah Dua

Tabung Harapan Malaysia merupakan lembaga yang dibentuk Perdana Menteri Mahathir Mohamad bagi warga Malaysia yang ingin membantu membayar utang negara.

Sejak menjabat pada 10 Mei lalu, Mahathir menyatakan bahwa Malaysia menghadapi utang hingga Rp3.500 triliun.

Lembaga itu dibentuk setelah adanya seorang warga bernama Nik Shazarina Bakti yang membuka donasi dengan nama Please Help Malaysia.

Lebih lanjut, meski membatalkan acara perayaan dan upacara minum teh, kegiatan lain yang berkaitan dengan ulang tahun Muhammad V bakal digelar sesuai jadwal.

Baca juga: Transformasi Jonatan Christie, Dari Bocah Imut Hingga Bikin Histeris Wanita di Asian Games

Sementara itu, Mahathir menyatakan bahwa dia tengah mempertimbangkan untuk mengakhiri pencarian donasi di Tabung Harapan Malaysia.

"Kemungkinan kami bakal memutuskannya di bulan depan," ujar PM tertua dunia yang berusia 93 tahun tersebut. (Ardi Priyatno Utomo)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bantu Bayar Utang Negara, Raja Malaysia Batalkan Perayaan Ulang Tahun".

Baca juga: Bulutangkis Dikembangkan di Inggris Tapi Mengapa Kejuaraan Dunia Selalu Direbut Asia?