Find Us On Social Media :

Jangan ‘Baperan’, 1 dari 10 Trik Jauhkan Pikiran Negatif dari Kepala Kita

By Ade Sulaeman, Sabtu, 20 Mei 2017 | 20:00 WIB

Hati-hati, Pikiran Negatif Menular!

Intisari-Online.com - Apakah Anda atau orang di sekitar Anda sering berpikir negatif terhadap segala hal?

Akibatnya hubungan menjadi terganggu bahkan suasana pun menjadi tidak begitu enak.

(Baca juga: Suka Menyindir, 1 dari 15 Ciri Orang Negatif yang Bikin Orang Tidak betah Berada di Dekatnya)

Berpikir dan berperilaku negatif memang merugikan. Tidak hanya merugikan si pelaku, tapi juga korban dari pikiran dan perilaku negatif itu.

Bagaimana caranya agar kita tidak tertular penyakit “negatif melulu” ini?

(Baca juga: Bagaimana Ceritanya Bisa Ada Buku Pelajaran Ternyata yang Mengandung Konten Negatif?)

  1. Jangan terlalu baper dengan tindakan negatif dari orang lain. Anggap saja itu memang sudah tabiatnya yang tidak ada hubungannya dengan keberadaan kita.
  2. Habiskan lebih banyak waktu bersama orang-orang yang positif. Jika kita lebih banyak bergaul dengan orang negatif, tidak heran kalau kita juga berpikir dan berperilaku seperti orang-orang itu. Ingat pergaulan buruk bisa mengubah kebiasaan yang baik.
  3. Jadilah seperti apa yang kita harapkan terjadi pada dunia. Jika kita ingin lingkungan kita bersih misalnya, jadilah orang yang pembersih. Jika kita ingin dunia sekitar kita aman dan damai, ciptakanlah perdamaian itu melalui sikap, tutur kata, dan hidup kita.
  4. Ubahlah cara berpikir yang negatif dengan respons yang lebih positif. Respons kita menentukan tindakan kita. Karena itu belajarlah untuk mengubah cara berpikir kita terlebih dahulu. Misalnya ketika menghadapi masalah, kita cenderung mengeluh, menyalahkan orang lain, dan juga meratap. Mengapa tidak belajar mengubah responsnya dengan bersyukur dan berpikir dengan lebih jernih?
  5. Fokuslah pada solusi. Orang yang negatif cenderung pusing memikirkan masalah tanpa memikirkan solusi untuk menghadapinya. Ketika terjadi kesalahan, ia cenderung berkutat dengan kesalahan itu tanpa berusaha memperbaikinya.
  6. Tunjukkanlah belas kasih kepada orang yang patut untuk dikasihi. Untuk menghindarkan diri perasaan dan pikiran negatif, belajarlah untuk mendemonstrasikan kasih. Memuji kelebihan orang lain, berbicara dengan sopan, dan bersikap ramah misalnya. Kebiasaan itu akan menjauhkan kita dari kehidupan yang negatif.
  7. Berikan dukungan pada orang yang membutuhkan. Orang yang negative cenderung mementingkan dirinya sendiri. Sebaliknya untuk menjadi orang yang positif dibutuhkan kerelaan untuk mendukung dan menolong orang lain.
  8. Menyadari bahwa hidup ini ada naik dan turunnya. Hal-hal buruk dan negatif mungkin saja terjadi, namun jangan biarkan hal tersebut merusak hidup kita. Terimalah kenyataan bahwa segala sesuatunya tidak mungkin selalu baik.
  9. Hiduplah untuk hari ini. Jangan terjebak pada masa lalu dan terus hidup di dalamnya. JIka kita terus hidup dalam masa lalu penuh dengan hal negatif seperti amarah, penyesalan, malu, hati yang terluka, kita tidak akan pernah menjadi orang yang positif.
  10.  Putus hubungan dengan orang negatif. Ada saatnya kita harus berani melepaskan alias memangkas orang-orang yang membuat hidup kita semakin buruk.