Find Us On Social Media :

Sudah Keliling 32 Provinsi di Indonesia dengan Sepeda, Laki-laki 73 Tahun Ini Dinobatkan sebagai Duta Lingkungan Rimba Indonesia

By Moh Habib Asyhad, Senin, 15 Mei 2017 | 20:00 WIB

Kakek Jaya Prawira digelari Duta Lingkungan Rimba Indonesia

Intisari-Online.com - Masih ingat dengan Kakek Jaya Prawira yang berkeliling Indonesia dengan sepeda demi bertemu teman-temannya?

Belum lama ini, kakek 73 tahun itu dinobatkan sebagai Duta Lingkungan Rimba Indonesia. Salah satu alasannya, ya, karena kakek Jaya sudah gowes ke 32 provinsi di Indonesia.

(Baca juga: Setelah 60 Tahun Abdikan Diri sebagai Pendeta, Kakek 88 Tahun Ini Kembali Kuliah dan Berhasil Lulus dengan Memuskan)

Atas dedikasinya itu, Kakek Jaya diundang Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin untuk menghadiri South Sumatera-Bonn Challenge Asia Pasific Regional High Level Roudtable Meeting, dari 9-10 Mei, di Sumatera Selatan.

Setelah acara itu, Kakek Jaya bercerita tentang perjalannya selama berkeliking Indonesia.

Ia menyebut memulai perjalannnya dari Banten pada September 2014.

“Saya berangkat dari Banten tanggal 16 September 2014,” ucapnya.

Dari situ, ia kemudian menyusuri seluruh provinsi di Jawa dan Bali, tepatnya di 128 kabupaten selama 271 hari.

Setelah beristirahat beberapa hari, Andik melanjutkan perjalannya ke Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Di kedua provinsi ini, ada 29 kabupaten yang sempat ia singgahi.

Ketika sampai di Pulau Timor, Andik ternyata menyempatkan diri ke Timor Leste, negara tetangga yang tadinya sempat masuk dalam wilayah Indonedia.

“Di sana saya singgah di Balibo,” ujar Andik.

(Baca juga: Berkeliling Amerika Secara Gratis? Inilah yang Dilakukan Lily dan Sarah)