Find Us On Social Media :

Kok Ada Ular Masuk Rumah? Tenang, Coba Lakukan Jurus Ini untuk Menjinakkannya

By Moh Habib Asyhad, Sabtu, 13 Mei 2017 | 19:40 WIB

Pelajaran dari Ular

Intisari-Online.com - Ular masuk rumah sejatinya hal yang biasa. Sebagian dari kita, ada yang ketakutan, ada pula yang dengan penuh ketenangan mengatasinya.

Sekali lagi, ular masuk rumah adalah hal yang biasa. Meski demikian, ada baiknya kita “sedia payung sebelum hujan” untuk mencegah hal-hal yang tak kita inginkan.

Pertama-tama, pastikan kebersihan rumah kita selalu terjaga.

(Baca juga: Sempat Dianggap Enggak Waras, Pria Ini Membuktikan Ide Gilanya Membuat Kita Tercengang)

“Pastikan rumah bersih dan minimalkan barang-barang yang menumpuk karena ini bisa membuat kondisi lembap yang biasanya disukai ular liar,” ujar Tyas, salah satu anggota komunitas Sioux Ular Indonesia, di sela acara Indonesia Community Day 2017 di Yogyakarta, Sabtu (13/5), dilaporkan Kompas.com.

Selain menjaga rumah tetap bersih, pencegahan juga bisa dilakukan dengan menggunakan pewangi ruangan. Bau wewangian ruangan ini tidak disukai hewan melata tersebut sehingga ular keluar ruangan dengan sendirinya.

“Tutup pintu, kemudian setelah 10 menit buka pintunya lagi. Nantinya ular akan keluar dengan sendirinya karena bau dari pewangi ruangan,” kata Tyas.

Selain itu, kita juga bisa menutup semua akses masuk rumah, termasuk saluran air maupun atap rumah.

(Baca juga: Menyeramkan, Boneka Bermata Biru Ini Menghantui Keluarga Nunez di Peru)

“Ular sangat nyaman bersarang di gorong-gorong pipa pembuangan, tapi mereka akan terus mencari tempat yang lebih nyaman,” ujar Benvika Iben, ketua Jakarta Animal Aid Network, dilansir dari Liputan6.com.

Perlu diperhatikan juga, ular ternyata menyukai tabung gas 12 kg—hal ini disebabkan karena bagian bawah tabung ini kerap lembab dan kering dan sangat nyaman untuk ular bersarang.