Find Us On Social Media :

Diragukan Bisa Bikin Jet Tempur Siluman, Iran Malah Pamerkan Jetnya dan Siap Gempur Israel

By Agustinus Winardi, Selasa, 28 Agustus 2018 | 12:15 WIB

Intisari-online.com - Sebagai negara yang memiliki keinginan kuat untuk memproduksi persenjataan secara mandiri, Iran terus membuat kejutan  melalui  beragam persenjataan produksi terbarunya

Salah satu persejataan terbaru yang diluncurkan Iran pada pertengahan tahun 2018, adalah jet tempur Kowsar yang diklaim Iran merupakan buatan sendiri dan siap digunakan bertempur melawan AS atau Israel.

Keberhasilan Iran bisa memproduksi Kowsar secara mandiri itu jelas membuat AS khawatir.

Pasalnya  meski Iran telah mendapat embargo militer dari AS dan negara-negara sekutunya sejak tahun 1980, Iran tetap bisa mengembangkan industri pertahanannya.

Untuk mendapatkan ilmu tentang bagaimana memproduksi jet tempur, Iran memang tidak merasa kesulitan karena bisa bekerja sama dengan Rusia, China, Pakistan, dan Turki.

Baca juga: Jet Tempur F-4D Phantom, ‘Rampasan’ Iran dari AS yang Sudah Dimodifikasi dan Siap untuk Menggebuk Paman Sam

Kerja sama militer Iran dengan China bahkan sudah dimuali sejak tahun 1980 khususnya dalam pembuatan kapal-kapal perang dan rudal jelajah serta produksi jet-jet tempur.

Pada tahun 2020, Iran bahkan akan menerima sebanyak 150 jet tempur J-10 dari China yang telah dipesan sejak tahun 2015 (thediplomat.com 14/12/2017).

Sementara kerja sama militer antara Rusia-Iran makin meningkat setelah kedua negara sama-sama bertempur di Suriah untuk mendukung rezim Presiden  Bashar al Assad (2015).

Berkat kerja sama militer antara Iran-Rusia-China, memang tidak mengherankan jika Iran akhirnya bisa memproduksi sejumlah persenjataan canggih dalam waktu cepat.

Iran yang pernah diragukan apakah bisa memproduksi jet tempur berteknologi siluman (stealth) secara mandiri,  pada akhir  bulan Juli 2018 bahkan membuat gebrakan baru.

Baca juga: Siap Hadapi Gempuran Darat AS-Israel, Pasukan Iran Sudah Bersiaga di Perbatasan Irak-Suriah

Secara terang-terangan Iran telah menunjukkan prototipe (purwarupa) jet tempur siluman buatan sendiri yang dinamai Qaher F -313.