Find Us On Social Media :

Hati-hati! Gunakan Ponsel Hingga Larut Malam Bisa Kurangi Peluang Seorang Wanita untuk Hamil

By Ade Sulaeman, Kamis, 11 Mei 2017 | 20:00 WIB

Smartphone dapat Membunuh Hubungan Seks?

Intisari-Online.com – Apakah Anda menonton TV sampai larut malam? Apakah Anda memiliki kebiasaan bermain dengan ponsel Anda sampai larut malam?

Nah, kebiasaan seperti itu bisa mengurangi peluang hamil, demikian menurut sebuah penelitian.

Berikut ini paparan lebih lanjut mengenai penelitian tersebut seperti dilansir dari boldsky.

(Baca juga: Kecanduan Hamil, Perempuan 33 Tahun Ini Ingin Mengandung Anak ke-13 Tanpa Perlu Suami)

Fakta # 1 Sebuah penelitian di Jepang mengingatkan bahwa paparan cahaya buatan itu buruk. Jika mata atau tubuh terpapar cahaya dari gadget di malam hari, maka bisa mengurangi tingkat kesuburan Anda.

Fakta # 2

Fakta ini ditemukan dalam sebuah penelitian pada tikus. Saat tikus betina terkena cahaya buatan pada malam hari, mereka menderita infertilitas. Efek ini terlihat terutama pada tikus yang berada di usia pertengahan.

(Baca juga: Tak Hanya Gagal Cegah Kehamilan, IUD yang Dipasang Ibu Ini Juga 'Kabur' ke Lokasi yang Berbahaya)

Fakta # 3

Adakah hubungan antara kesuburan dan cahaya? Cahaya buatan mempengaruhi ritme sirkadian tubuh.

Fakta # 4 Dari pola tidur hingga siklus haid, jam tubuh perlu mengatur fungsi tertentu. Melatonin memiliki peran dalam keseluruhan proses ini. Fakta # 5 Saat hari mulai gelap, otak kita mendapat sinyal pelaton melatonin untuk membuat kita merasa mengantuk.

Saat kita mengisi ruang dengan cahaya buatan, maka siklus tidur akan terganggu karena cukup banyak melatonin yang tidak dikeluarkan.

(Baca juga: Olahraga Saat Hamil Memang Baik untuk Janin, Tapi Tidak Semua Ibu Hamil Harus Berolahraga) Fakta # 6 Kadar melatonin juga mempengaruhi hormon reproduksi (progesteron dan estrogen). Inilah hubungan antara cahaya dan kesuburan. Fakta # 7 Meskipun penelitian tikus telah mengkonfirmasi hal ini, para periset mengatakan bahwa hasilnya berlaku untuk manusia juga. Dan wanita yang berada di atas 35 harus berhati-hati dengan sumber cahaya buatan.