Find Us On Social Media :

Psikolog: Orang yang Mengumpat Alami Peningkatan Kinerja yang Signifikan

By Ade Sulaeman, Kamis, 11 Mei 2017 | 19:00 WIB

Psikolog, mengumpat ternyata tingkatkan kekuatan otot dan stamina

Intisari-Online.com - Kabar baik buat siapa saja yang suka mengumpat atau berkata “kasar”. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang sering mengumpat dapat meningkatkan kekuatan otot dan stamina.

Dilansir dari independent.co.uk, psikolog dari Universitas Keele meminta peserta yang mengikuti tes banyak mengumpat pada sesi latihan sepeda atau membuka tutup botol yang keras.

(Baca juga: Trik Hadapi 9 Tipe Orang Menyebalkan yang Bikin Emosi Kita Sampai ke Ubun-ubun)

Hasilnya, mereka menemukan orang yang mengumpat dapat menghasilkan peningkatan kinerja yang signifikan dibandingkan dengan mereka yang mengucapkan kata-kata “netral”.

Penelitian ini merupakan tindak lanjut dari penelitian sebelumnya yang menemukan bahwa mengumpat bisa membantu meningkatkan toleransi rasa sakit. Inilah yang mungkin bisa menjelaskan mengapa orang sering berkata “kasar” ketika sedang sedih atau terluka.

“Alasan paling mungkin ialah ada rangsangan terhadap sistem saraf simpatik tubuh. Ini adalah sistem yang membuat jantung kita berdetak cepat saat berada dalam bahaya,” ucap Dr. Richard Stephens, pimpinan penelitian.

(Baca juga: Ingin Tahu Emosi Orang Lain? Bacalah Lewat Sorot Matanya, Begini Caranya)

“Karena alasannya yang sama, maka mengumpat bisa membuat orang lebih kuat juga.”

Ketika percobaan pertama yang melibatkan 29 relawan (rata-rata usia 1 tahun), mereka diminta mengayuh sepeda sekeras mungkin sambil berulang kali mengumpat.

Hasilnya, ada peningkatan daya tubuh dengan rata-rata 24 watt.

Pada percobaan kedua, 52 peserta pada usia yang sama menjalai tes kekuatan dengan membuka tutup toples yang keras dan sekali lagi diminta mengumpat.

(Baca juga: Jangan Mudah Terpancing Emosi, karena Pertengkaran Itu Tak Ada Untungnya)