Find Us On Social Media :

Mulai dari Lilin Hingga Karpet, Inilah 8 Sumber Polusi di Rumah yang Sangat Berbahaya Bagi Kesehatan

By Ade Sulaeman, Rabu, 10 Mei 2017 | 11:00 WIB

Benda-benda yang bisa menyebabkan polusi di dalam rumah

Intisari-Online.com – Bukan kabar baru lagi klau polusi udara bisa mengganggu kesehatan kita. Seperti memicu asma, membuat kepala pusing, bahkan kanker.

Nah, sayangnya masih banyak orang yang berpikir kalau polusi udara hanya terjadi di luar ruangan. Seperti jalanan, contoh konkretnya.

(Baca juga: Mulai dari Dokter Gigi sampai Pramugari, Inilah 7 Pekerjaan Paling Membahayakan Kesehatan)

Selidik punya selidik polusi udara juga bisa terjadi di dalam rumah kita lho. Penasaran apa saja yang menyebabkannya rumah penuh polusi?

1. Basement yang kotor

 Basement yang tak terawat juga bisa mencemari udara di rumah kita. Misalnya, cat kaleng atah bahan-bahan kimia lainnya yang dibiarkan begitu saja.

 Bahkan, cat kaleng yang masih disegel, dapat bocor dan mengeluarkan senyawa volatile organic compounds (VOC) yang berbahaya bagi tubuh.

2. Mebel

Nah, VOC ini juga bisa keluar dari perekat dan bahan pengikat yang digunakan dalam kayu lapis. Selain itu, ia juga bisa keluar dari produk-produk kayu komposit yang umumnya digunakan pada perabot rumah tangga sehar-hari.

3. Lilin

Kini lilin tak hanya digunakan ketika listrik padam saja.  Saat ini banyak juga lilin yang digunakan untuk mengatur suasana hati seseorang.

Namun, kebanyakan lilin yang dijual hari ini memancarkan benzena yang bisa menyebabkan kanker hingga iritasi pernapasan. Bahkan, ada juga yang mengandung alkana, yaitu zat kimia yang keluar dari knalpot mobil.