Find Us On Social Media :

Dianggap Aneh dan Rumit, Olahraga Gantole Memang Sudah Ribet Sejak dari Bandara

By Moh Habib Asyhad, Senin, 8 Mei 2017 | 13:00 WIB

Olahraga gantole memang sudah ribet sejak dari bandara

Intisari-Online.com - Dalam ajang olahraga udara (ordirga) dikenal cabang olahraga gantole yang dalam proses penerbangannya cukup rumit.

Gantole sebenarnya merupakan pesawat layang yang diterbangkan oleh pilotnya dengan cara melompat dari tebing gunung.

Olahraga ini dikenal “paling repot” karena pesawat gantole harus digotong dulu menuju puncak bukit, dirakit dan baru diterbangkan dengan posisi penerbangnya tengkurap.

(Baca juga: Mendapat Diskriminasi ketika Menyusui di Tempat Umum, Seratusan Ibu Gelar Aksi Menyusui Bersama di Pusat Perbelanjaan)

Ketika membawa gantole, para atlet ordirga  gantole kerap menjadi perhatian para penumpang pesawat komersil atau bahkan ketika mereka menumpang pesawat transpor C-130 Hercules TNI AU karena dianggap aneh.

Yang menarik perhatian bagi rombongan atlet gantole ketika mau menumpang pesawat bukan para atletnya yang betampang aneh karena tidak berbeda dibandingkan dengan para penumpang lainnya, melainkan barang bawaannya.

Satu tim atlet gantole dari salah satu propinsi Sumatera Barat (Sumbar),  misalnya.

Ketika mereka berada di bandara sambil membawa gantole yang terbungkus kain parasut dengan panjang sekitar 8 meter langsung mengundang pertanyaan.

Itulah yang dialami Rijalul Fathani, atlet gantole asal Sumbar.

(Baca juga: Mengerikan! Ketika Tiga Veteran Perang Menceritakan Pengalaman Pertama Menghabisi Nyawa Orang)

Umumnya para penumpang atau petugas bandara selalu bertanya, “Apa itu kok sampai digotong dua orang dan bentuknya panjang?”

Rijalul yang sebenarnya sudah bosan dengan pertanyaan rutin itu pun selalu menjawab, “pesawat gantole.”