Find Us On Social Media :

Banyak Bangku Kosong di Asian Games 2018 tapi Tiket Dinyatakan Habis, Ini Penjelasan Erick Thohir

By intisari-online, Jumat, 24 Agustus 2018 | 17:07 WIB

Intisari-online.com - Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games Indonesia (Inasgoc) 2018 Erick Thohir memberikan penjelasan terkait penjualan tiket dan fenomena bangku kosong pada perhelatan Asian Games 2018.

Keluhan ini ramai dibicarakan pada saat laga final bulu tangkis beregu putra yang mempertemukan Indonesia dan China, Rabu (22/8/2018) lalu.

Antusiasme masyarakat terlihat ketika antrean pembelian tiket sudah mengular sejak pagi hari dan dinyatakan habis dijual tidak lama setelah loket dibuka.

Publik yang sudah kecewa tidak mendapatkan tiket semakin keras mengkritik panitia ketika melihat ternyata banyak bangku kosong saat pertandingan berlangsung.

Baca juga: Inspirasi dari Kisah Hidup Lena dan Leni, Si Kembar Anak Buruh Tani yang Bela Negara di Asian Games 2018

Mengetahui hal ini, Erick Thohir menjelaskan bahwa bangku kosong tersebut memang tidak dijual karena merupakan standar penyelenggaraan.

"Bangku yang ada di venue terbagi menjadi dua. Satu dijual terbuka dan satu yang khusus tidak dijual. Bangku dijual jumlahnya lebih banyak dan itu sering cepat habis," kata Erick Thohir dalam rilisnya.

Adapun tipe bangku yang tidak dijual ditujukan khusus untuk wartawan, atlet, perwakilan negara peserta, federasi olahraga dunia, hingga perwakilan sponsor.

"Alokasi khusus ini menjadi standar multievent. Inilah yang kerap disaksikan kosong adalah bangku jenis ini," ujar Erick Thohir.

Baca juga: Bertemu Jokowi, PM Korsel Ucapkan Terima Kasih Karena 2 Korea Telah Disatukan di Asian Games

Lebih lanjut, Erick Thohir menjelaskan bahwa bangku kosong itu adalah bagian dari sistem keamanan di setiap venue.

"Stadion tetap memerlukan beberapa ruang kosong untuk pergerakan petugas keamanan di tribune maupun jalur evakuasi. Ini adalah standar operasi keamanan yang berlaku untuk kepentingan darurat," ucap Erick Thohir.

Melihat antusiasme masyarakat terhadap Asian Games 2018, Dewan Olimpiade Asia (OCA) menyetujui untuk menerapkan peraturan baru untuk bisa terkait peraturan bangku.