Find Us On Social Media :

Jalanan Di Dua Kota Ini Juga Pernah Tiba-tiba Dipenuhi ‘Salju’ Seperti Jakarta, Ini Penyebabnya

By Ade Sulaeman, Sabtu, 6 Mei 2017 | 20:00 WIB

Jakarta dilanda salju.

Intisari-Online.com - Sabtu sore (6/5/2017) tiba-tiba pengguna media sosial dan aplikasi pesan singkat diramaikan oleh rekaman video yang menunjukan jalanan Jakarta yang tiba-tiba berwarna putih.

Beberapa video yang diunggah menyebut warna putih tersebut merupakan salju. Seperti ditulis akun Twitter @digembok:

" >

Kejadian serupa, dimana jalanan tiba-tiba dipenuhi oleh ‘salju’ sebenarnya pernah terjadi di beberapa kota lain di dunia. Dua di antaranya adalah Fukuoka, Jepang dan Philadeplphia, Amerika Serikat.

(Baca juga: [Video] Jalan Bersalju Picu Kecelakaan Beruntun yang Libatkan 193 Kendaraan di Amerika)

Di Fukuoka, hamparan “salju” tiba-tiba muncul di jalanan kota tersebut selang beberapa hari seelah terjadi gempa berkekuatan 7,3 SR (17/4/2016).

Seperti halnya yang terjadi di Jakarta, foto dan video dari fenomena tersebut langsung viral.

Belakangan diketahui bahwa “salju” tersebut merupakan busa yang berasal dari mobil pemadam kebakaran.

Sementara di Philadelphia, “salju” muncul tidak lama setelah insiden ledakan di gardu listrik milik PECO (perusahaan penyedia layanan gas dan listrik di Philadelphia) pada Sabtu (3/12/2016).

(Baca juga: Sagiana Salchak, Gadis 4 Tahun Asal Siberia yang Menembus Badai Salju Menyelamatkan Kakek-Neneknya)

Lalu apa penjelasan dari “salju” misterius tersebut? Ternyata mirip dengan kasus di Fukuoka, penyebabnya adalah sistem pemadam kebakaran dari dalam gedung.

Bagaimana dengan kondisi di Jakarta? Sampai berita ini diturunkan belum ada jawaban pasti tentang apa dan bagaimana jalanan jakarta bisa tiba-tiba berwarna putih.

Badan Meteorolgi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), melalui kepala humasnya Harry Tirto, seperti diberitakan kumparan.com, menyatakan “Kami melakukan pengecekan ke lapangan, terjadi kapan, apakah itu efek pembangunan MRT, kan bisa saja itu debu, busa. Jadi kami melakukan analisis.”

Sementara akun Twitter @ndorokakung mengunggah foto yang menunjukkan bahwa "salju" tersebut hanya berada di satu ruas jalan. Diduga bahwa hamparan putih tersebut adalah busa.

" >