Find Us On Social Media :

Dibangun untuk Sehatkan Tubuh, Jumlah Bakteri di Tempat Ini Justru Lebih Banyak Dibandingk di Toilet

By Ade Sulaeman, Sabtu, 6 Mei 2017 | 16:00 WIB

Bakteri dalam Tubuh Juga Perlu Dijaga

Intisari-Online.com - Berbanding terbalik dengan nama dan tujuannya, pusat kebugaran justru dipenuhi dengan bakteri.

Fit  Rated, situs yang mengulas produk kebugaran, bekerja sama dengan EmLab P&K, laboratorium penguji kualitas udara dalam ruangan, menguji tingkat kebersihan tiga pusat kebugaran dan 27 alat olahraga, termasuk diantaranya treadmill, sepeda statis, dan alat angkat beban.

(Baca juga: Suka Nge-gym Bareng Pasangan? Cobalah 5 Gaya Penambah Gairah Seksual Ini)

Hasilnya cukup mengejutkan. Di sepeda statis ditemukan 39 kali lebih banyak bakteri dibandingkan dengan nampan plastik yang digunakan berulang kali. Sementara bakteri yang ditemukan di treadmills ternyata 74 kali lebih banyak dibandingkan jumlah bakteri di keran air.

Predikat bakteri terbanyak jatuh pada alat angkat beban dengan jumlah bakteri 362 kali lebih banyak dibandingkan dengan dudukan toilet.

Berdasarkan temuan tersebut, setidaknya 52% persen bakteri yang ditemukan di treadmills adalah bakteri yang umum menyebabkan infeksi kulit, dan juga penyebab pneumonia dan septicemia atau keracunan darah.

Secara keseluruhan 70% dari bakteri yang ditemukan di gym memiliki potensi membahayakan manusia.

Perlu diingat bahwa studi ini belum bisa jadi gambaran umum tingkat kebersihan di pusat kebugaran karena sampel yang digunakan pun hanya tiga gym saja. Tapi temuan ini bisa memberikan gambaran kecil kebersihan gym.

(Baca juga: Percuma Olahraga Jika Masih Suka Lakukan Lima Hal Ini!)

Menurut Kelly Reynolds, seperti dikutip dari huffingtonpost.com, profesor dan ahli mikrobiologi di Zuckerman College of Public Health, Arizona, tidak semua bakteri yang ditemukan di gym adalah jenis bakteri yang menyebabkan penyakit.

Meski begitu, menurut Kelly juga, jumlah bakteri yang banyak mengindikasikan potensi kontaminasi yang tinggi dan kurangnya pembersihan rutin.

Kelly juga memaparkan cara mencegah terinfeksi bakteri-bakteri tersebut. Salah satunya dengan menggunakan tisu basah atau tisu anti-bakteri sebelum menggunakan peralatan di gym. Tapi menurutnya, yang terpenting adalah apa yang dilakukan setelah meninggalkan gym.

Selalu mencuci tangan setelah berolahraga, sebelum makan dan sebelum menyentuh wajah. Ia juga menyarankan untuk mencuci bagian tubuh yang mungkin bersentuhan dengan area yang terkontaminasi bakteri.