Find Us On Social Media :

Bukannya Menyehatkan, Jus Buah Justru Dianggap Bisa Bikin Anak Jadi Gemuk?

By Ade Sulaeman, Jumat, 5 Mei 2017 | 18:00 WIB

Anak mengonsumsi jus buah.

Intisari-Online.com - Rasanya yang manis dan terbuat dari berbagai macam buah-buahan membuat jus semakin disenangi oleh anak-anak.

Namun, sayangnya kadar gula ada jus dapat menambah berat badan pada anak.

Banyak ahli kesehatan yang menyatakan bahwa kandungan alami gula yang terdapat di dalam jus dapat memberikan efek kesehatan yang buruk pada anak.

Sebuah studi menunjukkan bahwa minum jus buah (tanpa ditambahi campuran apa pun) dapat dengan cepat meningkatkan tingkat obesitas pada anak berusia 1-6 tahun.

Gula di dalam jus buah asli inilah yang dapat meningkatkan obesitas pada anak.

Menurut Dr Brandon Auerbach di University of Washington Divisi General Internal Medicine di Seattle orangtua lebih baik memberikan buah-buahan asli daripada jus buah-buahan.

Namun jika ingin memberikan jus, gunakan air atau susu rendah lemak.

“Saya sangat prihatin bahwa jus buah memiliki kandungan gula yang tinggi. Walaupun itu adalah gula yang alami, saya khawatir ada gangguan kesehatan lain yang dialami pada anak-anak. Bukan hanya berat badan namun dapat membuat gigi berlubang dan sindrom metabolik yang dapat mengakibatkan diabetes”, Ujar Dr. Brandon Auerbach.

Kelebihan berat badan saat mengonsumsi jus buah lebih berisiko untuk anak usia 1-6 tahun dengan kenaikan berat badan mencapai 0,3 pound setiap mengonsumsi satu porsi jus buah.

Untungnya, untuk anak 7 tahun ke atas kondisi ini tidak terjadi.

Untuk itu, para peneliti menyarankan untuk memberikan jus kepada anak usia 7 tahun ke atas.