Find Us On Social Media :

Bukan Nilai Sejarah atau Keindahannya, Kini Tempat Wisata Dipilih Menurut Ke-‘Instagramable’-annya

By Ade Sulaeman, Selasa, 2 Mei 2017 | 14:30 WIB

Memilih tempat liburan berdasarkan instagrammability

Intisari-Online.com – Orang zaman dulu mungkin mencari tempat liburan yang terjangkau, cukup murah, tak terlalu ramai, dan sebagainya.

Namun, standar itu sudah tidak bisa diterapkan lagi pada generasi muda. Sekarang, cara mereka memilih tempat liburan adalah yang bagus untuk difoto dan dimasukkan Instagram.

(Baca juga: Sering Dianggap Berbahaya, Ternyata Instagram Punya Dampak Positif untuk Mental Remaja)

Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa 40% anak muda memilih tempat liburan berdasarkan kadar Instagrammability.

Survey ini dilakukan perusahaan Schofields Insurance terhadap 1.000 generasi muda asal Inggris yang berusia antara 18-33 tahun.

(Baca juga - Inilah Cara Menjaga Uang Kita Agar Tetap Aman Saat Liburan)

Jelas, kebanyakan anak muda sekarang hanya fokus untuk mendapatkan foto bagus saat liburan agar bisa diunggah dan menarik lebih banyak follower.

(Baca juga: Hanya Unggah 1 Foto ke Instagram, Pasangan Muda Ini Raup Rp120 Juta. Bagaimana Jika 10 Foto?)

Rupanya, bagi generasi muda sekarang sangatlah penting untuk menunjukkan bagaimana hidup mereka dalam media sosial.

Tentu saja, Instagram tak pernah menunjukkan kisah yang seutuhnya. Orang bisa mengunggah foto makan malam mewah padahal sebenarnya dia berada di sebuah restoran yang biasa-biasa saja.

Orang juga bisa mengunggah foto sedang liburan di resort yang sangat cantik padahal di sekitarnya mungkin ada banyak sampah yang tidak terfoto.

Bagi kalangan muda, mendapatkan foto yang bagus sekarang adalah hal yang sangat penting, lebih penting dari apapun termasuk kenyamanan dan ketenangan liburan.

Masih dari survey yang sama, secara mengejutkan hal terakhir yang masuk ke daftar memilih tempat liburan adalah ‘kesempatan untuk berjalan-jalan dan melihat-lihat keadaan sekitar’ yaitu hanya 3,9%.