Find Us On Social Media :

Cessna 172, Pesawat Terfavorit di Dunia yang Sukses Mengecoh Sistem Radar Soviet

By Moh Habib Asyhad, Senin, 1 Mei 2017 | 16:45 WIB

Cessna 172, pesawat terfavorit di dunia yang mengecoh radar Uni Soviet

Intisari-Online.com - Bisa menampung empat orang dengan kelegaan yang maksimal untuk kaki, beratnya sedikit di bawah 800 kg tanpa bahan bakar atau penumpangnya, dan mampu melaju dengan kecepatan maksimum sekitar 226 km/h, meskipun masih bisa dikebut hingga mendekati kecepatan 300 km/jam.

Namun pabrikan lebih suka kita tidak melakukannya.

Lalu dengan tangki penuh bahan bakar, kita bisa menempuh jarak 1.290 km. Ini setara dengan pergi dari Berlin di Jerman ke Belfast di Irlandia, atau New York ke Madison, Wisconsin, AS.

Mungkin Anda mengira itu spesifikasi sebuah mobil berperforma tinggi dengan ruang kaki selega limosin.

Sayang, tebakan Anda salah. Ini adalah spesifikasi sebuah pesawat terbang Cessna 172. Inilah pesawat terbang yang diklaim sebagai pesawat terfavorit di dunia.

Pertama kali diluncurkan pada tahun 1956, sampai sekarang pesawat ini masih diproduksi.

(Baca juga: Chandro Tomar alias Revolver Dadi, Penembak Jitu Perempuan Tertua di Dunia yang Kini Memimpin Revolusi di Desanya)

Lebih dari 43.000 Cessna telah dibuat sejauh ini.

Seri 172 yang juga dikenal sebagai Skyhawk ini tentu telah mengalami banyak perbaikan selama 60 tahun terakhir, namun sosok dasarnya tetap tak berubah seperti pada saat pertama kali dibangun pada tahun 1950-an.

Dalam 60 tahun terakhir, Cessna 172s telah menjadi pesawat andalan di sekolah penerbangan di seluruh dunia.

Hampir semua pilot pernah merasakan belajar menerbangkan pesawat dengan model ini.

Tak bisa dimungkiri, pesawat model ini adalah pesawat yang sengaja dirancang agar mudah terbang, dan bisa mendarat dalam kondisi yang tak terlalu ideal.