Find Us On Social Media :

Alih-alih Berolahraga, Di Pusat Kebugaran Ini Kita Membayar untuk Disuruh Tidur Nyenyak

By Moh Habib Asyhad, Minggu, 30 April 2017 | 08:00 WIB

Di pusat kebugaran ini kita membayar untuk disuruh tidur

Intisari-Online.com – Di zaman modern ini, semakin banyak orang kekurangan waktu tidur. Imbasnya, semakin banyak orang yang terlihat lelah dan stress.

Melihat tren tersebut, sebuah pusat kebugaran di Inggris melihat kesempatan untuk membuka kelas tidur.

Di kelas ini, kita harus membayar untuk ikut sesi peregangan tubuh selama 15 menit dan setelahnya sesi tidur selama 45 menit dalam temperatur yang ideal.

(Baca juga: Stip & Pensil: Inikah Alasan Generasi 90-an Merupakan Generasi Paling Bahagia?)

Dalam satu ruangan sesi pusat kebugaran ini terdapat banyak kasur dan semua orang bisa tidur bersamaan tanpa terganggu karena orang yang tidur memakai kacamata tidur.

Penyelenggara kelas ini menyebutnya sebagai sesi ‘Nap-ercise’. Menurut pihak penyelenggara, sesei ini akan memperbaiki mood, mengembalikan kesegaran pikiran, bahkan membakar kalori.

Hal ini tentu menjadi pertanyaan bagi sebagian besar orang. benarkah sesi tidur semacam ini memang memiliki berbagai manfaat seperti yang sudah disebutkan?

Secara ilmiah, memang ada kebenaran dari pernyataan itu. Menurut sebuah studi yang dilakukan di Allegheny College, Pennsylvania, orang yang tidur selama 45 menit di siang hari akan mendapatkan keuntungan.

(Baca juga: Jaya Prawira, Kakek yang Berkeliling Indonesia Demi Bertemu Teman-temannya)

Keuntungan itu adalah bisa menghadapi stress dengan lebih baik. Studi serupa yang dilakukan oleh UC Berkeley juga menemukan bahwa tidur siang dapat meningkatkan kapasitas belajar otak.

Saat ini, kelas ini masih dibuka dalam tahapan trial di David Lloyd Clubs di Sidcup, Inggris. Jika kelas ini terbukti sukses, maka kelas-kelas serupa akan segera dibuka di seluruh penjuru Inggris.