Find Us On Social Media :

Baru Difungsikan untuk Bayi Kambing, Rahim Buatan Ini Diharapkan Bisa Atasi Persoalan Bayi Prematur pada Manusia

By Moh Habib Asyhad, Sabtu, 29 April 2017 | 19:00 WIB

Anak kambing dalam rahim buatan

Intisari-Online.com – Dengan teknologi yang sudah benar-benar canggih, sekarang ilmuwan sudah bisa membuat rahim buatan untuk merawat janin yang lahir prematur.

Para peneliti hebat ini berasal dari Center for Fetal Diagnosis and Treatment, Children’s Hospital of Philadelphia.

Sejauh ini, rahim yang berhasil mereka buat adalah temuan paling canggih yang pernah diciptakan manusia di bidang terkait.

Penemuan ini pun dibuat setelah melalui riset selama tiga tahun. Mereka meneliti dan mencoba berkali-kali bagaimana caranya agar bisa membuat rahim buatan.

(Baca juga: Menyeramkan! Pesawat Kiriman CIA Ini Sering Terbang di Langit Indonesia Tanpa Pernah Terdeteksi)

Peneliti sudah mencoba memakai inkubator kaca hingga akhirnya yang berhasil justru membuat rahim buatan dari kantong plastik film yang dihubungankan dengan mesin penyalur gas dan sensor-sensor lainnya.

Sistem ini secara efektif meniru kondisi rahim sungguhan. Plastik ini juga diisi dengan cairan unik buatan lab yang bersifat seperti air ketuban.

Karena janin belum bisa bernapas dengan paru-parunya yang masih berkembang, air ketuban artifisial tadi juga dibuat mengandung oksiden sehingga bisa membuat janin tetap hidup dan tumbuh.

Hebatnya lagi, air ketuban artifisial ini juga mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan oleh janin sehingga ia akan tetap bisa tumbuh dengan optimal layaknya dalam kandungan normal.

Peningkatan teknologi di bidang kedokteran beberapa tahun belakangan ini telah menunjukkan kenaikan pesat angka bayi prematur yang bisa diselamatkan.

Anak yang masih berusia 23 minggu saja sudah memiliki persentase 30 hingga 50% untuk bisa bertahan hidup.

Sayang, walaupun angka kehidupan bayi yang lahir prematur sudah cukup tinggi, mereka tidak benar-benar sehat dan siap untuk menghadapi dunia.