Find Us On Social Media :

Meski Dicap Mahal, Inilah Kepeloporan Telkomsel di Dunia Telekomunikasi Indonesia

By Moh Habib Asyhad, Jumat, 28 April 2017 | 18:45 WIB

Kepoloporan Telkomsel di dunia telekomunikasi Indonesia memang diakui

Intisari-Online.com – Harus diakui bahwa Telkomsel masih menjadi raja operator telepon seluler di Indonesia.

Data 2016 menunjukkan, pelanggan Telkomsel berjumlah 157,4 juta atau sekitar 46 persen dari total pelanggan seluler di Tanah Air.

Dengan jaringan base transceiver station (BTS) terluas hingga ke daerah pelosok Nusantara membuat pelanggan Telkomsel mampu mengungguli operator lainnya.

Baca juga: Hacker Retas Situs Telkomsel untuk Protes Harga Paket Internet: 8 Meme Lucu tentang Kuota Internet

Saya masih teringat ketika mengikuti Jelajah Sepeda Kompas Manado – Makassar, saat mampir di sebuah pulau di kawasan Teluk Tomini, hanya ada sinyal Telkomsel.

(Jika pelanggan semua operator dijumlahkan akan diperoleh angka lebih dari 300 juta. Dengan jumlah penduduk Indonesia di angka 250-an juta, membuktikan bahwa banyak masyarakat menggunakan lebih dari satu kartu telepon.)

Telkomsel didirikan sejak tahun 1995, dan sering menjadi pelopor dalam dunia telekomunikasi di Indonesia.

Melalui produk simPATI, Telkomsel meluncurkan kartu prabayar pertama di Asia pada tahun 1997. Telkomsel pula yang memperkenalkan mobile banking pertama di Indonesia pada tahun 2000.

Baca juga: Bule pun Tergila-gila dengan Kelezatan Indomie, Inilah Sosok di Balik Nikmatnya Rasa Indomie yang Jarang Kita Ketahui

Perusahaan yang berada di bawah nama PT Telekomunikasi Selular ini juga menghadirkan jaringan 3G dan 4G pertama di Indonesia secara komersil.

Sebagai pelopor industri seluler di Indonesia, saat ini Telkomsel memiliki jaringan terluas yang mampu menjangkau lebih dari 95% populasi di Indonesia demi memenuhi kebutuhan berbagai lapisan masyarakat mulai dari perkotaan hingga hutan pedalaman.

Dalam ranah keuangan, Telkomsel memiliki T-Cash, yaitu cara baru bertransaksi dengan menggunakan smartphone kita.

Dana yang diisikan ke T-Cash bisa digunakan untuk membayar merchant, belanja online, bayar tagihan, dan lainnya. Caranya pun hanya tinggal menempelkan smartphone kita ke mesin T-Cash.