Find Us On Social Media :

Jangan Langsung Marah, Lakukan Hal Ini Jika Menemukan Anak Sedang Bermasturbasi

By Ade Sulaeman, Rabu, 26 April 2017 | 20:30 WIB

Kekerasan Seksual Terhadap AK, Polisi Sesalkan Sistem Perekrutan Pegawai

Intisari-Online.com – Anda tidak perlu risau kalau anak tiba-tiba melakukan masturbasi. Hadapilah dengan penuh pengertian dan kewajaran. A. Suryana Kalpen, seperti ditulis di Intisari edisi April 1996, memberikan jurus-jurus bagaimana menanggulanginya.

(Baca juga: Dinilai Rusak Jiwa Anak, Masturbasi akan Dimasukan Sebagai Perbuatan Pidana dengan Denda Rp1,3 Juta)

Pada umumnya, bermacam-macam reaksi orang tua timbul dalam menanggapi masalah anaknya yang suka melakukan masturbasi. Ada orang tua yang serta merta melarang anaknya melakukan perbuatan ini.

Ada pula yang tetap tenang dan mengabaikan soal masturbasi yang dilakukan anaknya. Mereka berpendapat perbuatan itu wajar sesuai dengan perkembangan seksualnya.

Ada lagi yang langsung emosi, marah, dan menghardik anaknya. Mereka sangat mengkhawatirkan masa depan anaknya, jangan-jangan menjadi pemerkosa, merasa rendah diri, dsb.

(Baca juga: Meskipun Telah Menikah, Mengapa Wanita Melakukan Masturbasi?)

Setiap kali tangan si anak beradadi daerah kelamin, orang tua langsung mencegahnya, dengan cara menepis tangan si anak, memarahi, mencaci maki, dll.

Orang tua tipe terakhir ini cenderung terus menekan anaknya sekeras mungkin. Bahkan tidak jarang memberikan hukuman berat dengan harapan kebiasaan buruk itu segera hilang.

Bagaimana reaksi si anak?

Dengan kekerasan seperti cara terakhir itu, si anak bisa jadi malah merasa tertekan dan takut sekali. Terjadilah konflik antara keinginan untuk melakukan dan tidak karena takut.

(Baca juga: Terlalu Sering Masturbasi, Ini Cara Menghentikannya)

Akibatnya, anak akan murung, kurang bergairah, bahkan tidak jarang berubah menjadi bandel dan agresif.