Find Us On Social Media :

Makin Panas, Perancis Siap Bantu Turki Melawan Sanksi Amerika

By Adrie Saputra, Minggu, 19 Agustus 2018 | 14:00 WIB

Intisari-Online.com - Amerika dan Turki sedang tidak baik dalam hubungan ekonominya.

Untuk itu, Menteri keuangan Turki dan Menteri Keuangan Perancis pada Jumat sepakat untuk bekerja sama dalam mengambil tindakan sanksi AS terhadap Turki.

Berat Albayrak dan Bruno Le Maire melalui panggilan telepon membahas kerja sama ekonomi, sebuah pernyataan dari Kementerian Keuangan dan Keuangan Turki yang dibacakan.

Albayrak dan Le Maire juga setuju untuk meningkatkan kerja sama bilateral, sementara delegasi dari kedua negara akan bertemu di Paris pada 27 Agustus mendatang.

Baca juga: Inilah I Gede Siman Sudartawa, Perenang Indonesia yang Bawa Bendera Indonesia di Pembukaan Asian Games 2018

Cuitan pada hari Jumat, Le Maire berkata, "Pembicaraan konstruktif dengan timpalan Turki Berat Albayrak, setelah pembicaraan antara Emmanuel Macron dan Recep Tayyip Erdogan. Kami ingin memperkuat hubungan ekonomi antara Perancis dan Turki."

Turki dan AS saat ini mengalami hubungan yang kurang baik setelah Washington menjatuhkan sanksi terhadap dua menteri kabinet Turki karena tidak melepaskan pendeta AS, Andrew Brunson, yang ditangkap dan dituduh melakukan spionase dan terorisme di Turki.

Brunson didakwa melakukan kegiatan mata-mata untuk PKK - sebuah kelompok teroris yang ditunjuk di AS dan Turki - dan Fetullah Terrorist Organization (FETO).

Kelompok di balik upaya kudeta Juli 2016 yang gagal di Turki menewaskan 251 orang dan ribuan orang terluka.

Baca juga: Dikecam! Ayah Ini Jual Anak Perempuannya Demi Pengobatan Anak Lelakinya

Presiden Donald Trump pekan lalu menggenjot serangannya ke Turki dengan menggandakan tarif AS pada impor aluminium dan baja kepada Turki.

Pada hari Rabu, sebagai pembalasan, Turki meningkatkan tarif pada beberapa produk asal AS, diantaranya alkohol, produk tembakau dan mobil.