Find Us On Social Media :

Menjuarai Grand Slam Saat sedang Hamil 2 Bulan, Serena Williams Menunjukkan Betapa Luar Biasanya Kemampuan Tubuh Perempuan

By Moh Habib Asyhad, Jumat, 21 April 2017 | 18:40 WIB

Serena Williams memenangi Grand Slam padahal ia sedang hamil dua bulan

Intisari-Online.com – Baru-baru ini petenis asal Amerika Serikat, Serena Williams, mengumumkan melalui akun Snapchat-nya bahwa saat ini ia sedang hamil 20 minggu.

Mungkin kabar gembira ini terlihat normal, namun yang menjadi luar biasa adalah fakta di mana pada bulan Januari lalu, ia baru saja memenangkan kejuaraan Grand Slam untuk ke 23 kalinya di Australia.

Hal ini berarti bahwa Serena sedang hamil 2 bulan saat sedang berkompetisi di kejuaraan tersebut, dan yang lebih hebatnya lagi, dalam kejuaraan tersebut Serena tidak kalah satu set pun.

Jadi bagaimana Serena tetap adikuasa dalam kejuaraan tersebut, padahal ia sedang hamil dua bulan--padahal, umumnya waktu kehamilan 2 bulan adalah masa dimana gejala mual dan muntah mulai muncul?

“Rasa mual terjadi saat delapan minggu masa kehamilan,” ujar Michael Cackovic, dokter Obstetri dan Ginekologi di Ohio State University Wexner Medical Center, AS, seperti yang dilansir dari health.com.

“Dan sekitar 90% wanita akan mengalami hal itu,” tambahnya. Ia juga memberi tahu bahwa tingkat keparahan dan gejalanya dapat bervariasi.

Dr Cackovic juga berkata bahwa Serena Williams juga kemungkinan mengalami asam lambung dan rasa mulas; namun gejala ini umumnya muncul dalam trimester kedua dan ketiga (6-9 bulan masa kehamilan).

Gejala kehamilan lain, seperti kelelahan, napas pendek, dan perubahan dalam pergerakan usus juga akan muncul, seiring bertambah besarnya uterus.

Jika Serena termasuk dalam mayoritas wanita hamil yang pasti mengalami rasa mual, bagaimana cara Serena tetap bisa berkompetisi dengan maksimal?

Menurut Dr. Cackovic, aroma terapi dan pengobatan anti mual dapat membantu mengurangi gejala tersebut,

Sebagian wanita juga dapat merencanakan jadwal keseharian mereka: “Jika biasanya Anda mengalami rasa mual pada waktu-waktu tertentu, Anda bisa menyesuaikan waktu latihan anda agar dapat menghindari rasa mual itu,” terang Dr. Cackovic.

Bahkan, menurut catatan Dr. Cackovic, bukanlah hal yang aneh untuk atlet berpengalaman seperti Serena Williams untuk mengatasi masalah kehamilan layaknya seorang juara.