Find Us On Social Media :

Sulit Mengambil Keputusan Adalah 1 dari 9 Tanda Orang yang Terlalu Sensitif

By Moh Habib Asyhad, Selasa, 18 April 2017 | 19:00 WIB

Tanda orang yang terlalu sensitif

Intisari-online.com - Setidaknya ada sekitar 15-20% orang di dunia yang terlalu sensitif dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Mereka biasanya sangat peka terhadap suara, perasaan, dan pikiran orang lain lebih dari orang kebanyakan.

(Baca juga: Orang Faktual Bisa Mengendalikan Perasaannya Sebaliknya Orang Sensitif Cenderung Emosional)

Mereka biasanya memiliki emosi yang kuat dan mampu berkomunikasi dengan baik dengan orang lain. Kesadaran ini merupakan salah satu bentuk kekuatan mental yang bisa dimanfaatkan demi kebaikan.

Jika kita ragu apakah kita orang yang sensitif atau tidak. Forbes.com merilis 9 tanda orang yang sangat sensitif. Kita bisa menilai diri kita melalui tanda-tanda ini:

1. Berpikir lebih luas dan dalam

Sebelum melakukan tindakan apapun, orang yang sensitif akan berpikir terlebih dulu. Ia tidak bersikap tergesa-gesa, namun penuh pertimbangan. Namun karena pemikiran ini, ia sedikit rapuh. Sebab hal kecil saja bisa dianggap sangat berdampak bagi hidupnya.

2. Sangat detail

Perasaannya yang supersensitif membuat mereka cukup detail dalam segala hal. Akhirnya ia mudah menemukan kesalahan orang lain dan merasa kurang puas jika apa yang dipikirkannya tidak terpenuhi. Itulah sebabnya kadang-kadang orang sensitif menjadi sangat menyebalkan bagi orang lain.

3. Membutuhkan waktu lama untuk mengambil keputusan

Karena suka berpikir dalam dan luas, orang sensitif sulit mengambil keputusan dengan cepat. Ia akan menimbang-nimbang sebelum mengambil keputusan. Akibatnya ia bisa kehilangan kesempatan jika keputusan harus segera diambil.

4. Mengambil keputusan yang kurang tepat

Walau penuh pertimbangan, orang sensitif justru sering mengambil keputusan yang salah. Misalnya keputusan itu lebih sulit untuk dilakukan. Tidak heran kadang-kadang kinerjanya menjadi lambat.