Find Us On Social Media :

Anggota Paskibra Meninggal Dunia karena Jantung, Ini 6 Penyebab Serangan Jantung di Usia Muda

By Ade Sulaeman, Rabu, 15 Agustus 2018 | 14:45 WIB

Intisari-Online.com - Seorang calon anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kabupaten Serdang Bedagai, Siska Susanti, meninggal dunia, Kamis (9/8/2018).

Siswi kelas XII Madrasah Aliyah (MA) Al-Wasliyah Perbaungan tersebut ditemukan meninggal dunia saat tidur di mes PTPN 3 Pamela, Kecamatan Sipis-pis.

Banyak rumor yang beredar mengenai penyebab meninggalnya siswi yang baru berusia 18 tahun tersebut.

Salah satunya menyebutkan bahwa Siska meninggal dunia karena kelelahan. Ada pula yang menyebut penyakit lambung sebagai penyebabnya.

Baca juga: Masih Ingat Gadis yang Didorong Temannya dari Atas Jembatan? Begini Kabar Terbarunya

Belakangan, Kadis Pemuda, Olahraga, Parawisata, dan Budaya Kabupaten Serdang Bedagai, Santun Banjarnahor menyatakan bahwa berdasarkan pemeriksaan dokter penyebab kematian Siska adalah penyakit jantung yang diderita Siska.

Tentu saja tidak sedikit orang yang merasa terkejut dengan penyebab tersebut. Sebab, usia Siska yang baru 18 tahun dirasa masih sangat muda untuk mengidap penyakit jantung.

Padahal, faktanya menurut Riset Kesehatan Dasar Kementerian Kesehatan pada 2013, di Indonesia, penyakit jantung semakin banyak diderita oleh kelompok usia muda, yakni 39% berusia kurang dari 44 tahun.

Bahkan, sebanyak 22% dari penderita jantung usia muda itu ada di kisaran 15–35 tahun.

Baca juga: Jakarta Diprediksi Jadi Kota Pertama di Dunia yang akan Tenggelam, Begini Penjelasannya

Lalu apa penyebab dari banyaknya penderita penyakit jantung di usia muda tersebut?

Berikut ini faktor-faktor pemicu sernagan jantung merujuk pada artikel di Kompas.com yang berjudul "Berbagai Penyebab Serangan Jantung di Usia Muda":

* Kelebihan berat badan sangat tidak baik untuk kesehatan. Bahkan jika seseorang melakukan diet yang salah, misalnya, diet tinggi lemak jenuh, lemak trans, kolesterol, dan sodium juga akan meningkatkan kolesterol.