Find Us On Social Media :

Di Tempat Tawanan, Barang Rongsokan Bisa Menjadi Alat yang Canggih

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 14 Agustus 2018 | 19:00 WIB

Intisari-Online.com – Tanggal 8 Maret 45 tahun yang lalu Hindia Beianda ditaklukkan Jepang. Tentara Belanda menjadi tawanan perang dan salah satu di antaranya ialah Charles Burki.

Waktu senggang dalam tawanan dimanfaatkannya untuk menggambar. Gambar itu bisa kita nikmati sekarang, karena dikubur dalam kaleng. Karya tidak ternilai itu tetap terkubur sampai tahun 1946, yaitu sampai Burki minta tolong untuk digali kembali. Saat itu ia berada di Nagasaki.

Kisahnya bisa disimak di Majalah Intisari edisi Agustus 1987, dengan judul asli Di Belakang Kawat, Kamp Interniran dalam Gambar,  seperti berikut ini.

Hari botak, April 1942

Baca juga: Pernah Dapat Sanksi Militer Pasca-PD II, Jepang Ternyata Ciptakan Senjata Maut Meriam Raksasa Elektromagnetik

Pada suatu hari ada perintah dari orang Jepang, semua harus gundul. Itu berarti dalam sehari harus lima belas ribu kepala yang dicukur. Banyak tukang cukur mempunyai rasa humor. Sebelum membabat sampai klimis, mereka memotong rambut menurut pola macam-macam.

Jelas korban tidak bisa ikut tertawa. Gundul memang lebih praktis, bebas dari kutu.

Inilah studio pertama saya, tempat saya mulai membuat gambar tentang kehidupan dalam kamp. Letaknya di pojok yang tenang. Ada sinar gratis pemberian matahari.

Namun, kemewahan tidur di depan pintu tidak berlangsung lama, karena daun jendelanya tidak lama kemudian menjadi kayu bakar di dapur.

Baca juga: Kala Jepang Iming-imingi Kebebasan Kepada Rakyat Indonesia Lewat Nujuman Jayabaya tentang Ratu Adil

Kalau tiba-tiba ada 'tamu' tak diundang, gambar itu cepat disembunyikan di bawah peti, karena di situ tidak pernah digeledah.

Tidak ada bagian yang tidak dimanfaatkan dari mobil rongsokan. Sekrup pun tidak terbuang sia-sia. Selain dijadikan selop antiselip, wajan dan lampu, suku cadang mobil juga bisa dibuat alat pemantik.

Pemantik ini terbuat dari magnet mobil. Bekas bola lampu disulap menjadi tangki bensin. Kalau bagian atas diputar, api akan menyala besar. Memang bahaya bagi mereka yang mempunyai brewok.