Find Us On Social Media :

Ingat! Makanan-makanan Ini Berpengaruh terhadap Tekanan Darah Tinggi

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 12 April 2017 | 07:00 WIB

Perempuan yang Mengalami PMS Memiliki Risiko Hipertensi yang Lebih Besar?

Intisari-Online.com – You are what you eat! Anda adalah apa yang Anda makan! Itu yang sering kita dengar. Makanan memang memiliki peran besar terhadap status kesehatan kita. Ini lebih penting jika kita memiliki kondisi kesehatan yang sudah didiagnosis.

Tekanan darah tinggi merupakan salah satu kondisi yang perlu dikendalikan melalui kebiasaan makan. Ini juga berlaku  bagi mereka yang berada pada tahap pra-hipertensi. Menghindrai garam bukan satu-satunya solusi sempurna untuk mengendalikan tekanan darah tinggi.

(Baca juga: Dibanding Laki-laki, Perempuan Lebih Berisiko Terkena Hipertensi, Ayo Cegah Sejak Dini!)

Ada banyak makanan yang tampaknya tidak berbahaya, yang harus dihindari, karena mengandung natrium dalam jumlah tinggi. Berikut ini beberapa makanan yang sebaiknya dihindari bagi Anda  yang memiliki tekanan darah tinggi.

Makanan cepat saji

Tidak ada kompromi untuk makanan ini. Penderita hipertensi harus menjauhi makanan olahan yang tesedia, karena mengandung jumlah yang tinggi tambahan gula dan garam. Kandungan garam dalam makanan ini dapat meningkatkan tekanan darah.

Acar

Acar juga tinggi kandungan garam dan tidak dianjurkan untuk mereka yang memiliki tekanan darah tinggi. Sayuran menyerap lebih banyak garam bila disimpan dalam air garam untuk waktu yang lama.

Sup kalengan

Sup memang makanan sehat. Tetap bila memilih sup kalengan, rasanya ini salah. Sup kalengan mengandung jumlah garam yang tinggi. Apalagi ditambah bahan penambah rasa yang membuatnya menjadi tidak sehat.

Saos tomat

Saos tomat mungkin tidak berbahaya bagi penderita hipertensi. Nyatanya, saus tomat dibuat dengan kombinasi sempurna antara garam dan gula. Jadi, saos tomat harus dihindari bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi.