Find Us On Social Media :

Gaji Selebriti China Akan Dibatasi, 'Cuma' Setara 10 Mobil Lamborghini

By Adrie Saputra, Senin, 13 Agustus 2018 | 09:00 WIB

Intisari-Online.com - Sembilan dari perusahaan produksi distribusi televisi dan film di China telah sepakat untuk membatasi pembayaran upah untuk para aktris dan aktor mereka.

Ini dilakukan saat investigasi yang sedang berlangsung akibat adanya isu dugaan penggelapan pajak oleh beberapa selebriti bayaran tertinggi di negara itu.

Di bawah pengaturan baru, aktor televisi akan dibayar maksimal 1 juta yuan (Rp2 miliar) per episode dan tidak lebih dari 50 juta yuan (Rp100 miliar) untuk seluruh season.

Angka tersebut setara dengan harga 10 mobil Lamborghini terbaru.

Saat ini, ada sekitar 50 aktor di China yang bisa mendapatkan 50 juta yuan atau lebih untuk satu season drama saja.

Baca juga: Kejam, Pria ini Bantai 8 Kerabatnya Hanya karena Dituduh Mencuri Kalkun

Perusahaan mengatakan mereka akan mematuhi peraturan pemerintah yang diumumkan pada akhir Juni untuk membatasi kompensasi aktor televisi diangka 40 persen dari total anggaran produksi.

Dan seperti halnya bintang film, tidak lebih dari 70 persen dan dibayarkan kepada pemain tunggal.

Sebelum kesepakatan baru, pembayaran upah untuk nama besar selebriti cenderung mencapai antara 50 hingga 80 persen dari total biaya produksi.

Keputusan pemerintah tentang pengupahan upah menyusul kecaman publik yang dipicu oleh klaim bahwa beberapa pemain telah terlibat dalam skema pembayaran gaji bulanan yang dikenal sebagai "kontrak yin-yang" (simbol ini punya warna hitam dan putih).

Kehebohan itu dimulai pada bulan Mei lalu setelah presenter televisi Cui Yongyuan memposting gambar-gambar dokumen di media sosial yang katanya merupakan bukti.

Gagasan di balik kontrak ganda adalah bahwa pelaku menandatangani dua set dokumen, namun dengan jumlah pembayaran pajak yang sangat sedikit kepada otoritas pajak.

Perusahaan produksi dan distributor mengatakan mereka tidak akan membenarkan tindakan penghindaran pajak, termasuk penggunaan "kontrak yin-yang", dan akan mem-blacklist serta melaporkan siapa saja yang dicurigai mencoba menipu pihak berwenang.