Find Us On Social Media :

Dari Pneumonia Hingga Kanker Ovarium, Inilah 4 Bahaya Bedak Tabur Bagi Bayi

By Gavriel Sukma, Minggu, 9 April 2017 | 17:00 WIB

Bahaya bedak untuk bayi

Intisari-Online.com - Bedak menjadi salah satu hal yang penting ketika selesai memandikan anak. Setiap anak yang baru selesai mandi, menjadi rutinitas bagi seorang Ibu untuk mengusapkannya pada anak wajah maupun tubuh anak. Hal ini menjadi tanda bahwa sang anak telah mandi dan menjadi bersih atau wangi.

(Baca juga: Apakah Bedak Bayi Bisa Sebabkan Kanker? Antara Kontroversi dan Tuntutan Hukum)

Namun ternyata kebiasaan ini ternyata berbahaya loh, ketika terus menerus digunakan untuk anak yang baru lahir atau masih dikatakan bayi. Mengapa berbahaya ?, karena bedak mengandung silica magnesium yang akan mengendap saat ditaburkan ke atas permukaan tubuh.

Nah bagian yang mengendap inilah yang berbahaya untuk Bayi, untuk itu seperti apa bahaya bedak untuk tubuh bayi :

  1. Mengalami pneumonia

Pneumonia adalah infeksi yang memicu inflamsi pada kantong udara atau biasa disebut paru-paru basah. Biasanya pneumonia terjadi karena adanya pengendapan yang membuat saluran pernapasan menjadi bengkak.

(Baca juga: Perlu Diketahui, Bayi Tak Perlu Bedak dan Minyak!)

Hal ini dapat terjadi ketika seorang Ibu memberikan bedak tabur kepada Bayi di tubuhnya dan penguapan yang dihasilkan oleh bedak itu dihirup oleh bayi. Jika ia terlalu banyak menghirup maka terjadilah penumpukan pada paru-paru dan akan mengalami hal ini.

  1. Resiko terjadinya kanker ovarium

Akibat yang dihasilkan oleh bedak terhadap tubuh bayi menjadi salah satu yang harus diperhatikan. Karena saat penguapan yang terjadi dari bedak itu akan mengendap dan hubungan antara bedak bayi dan kanker rahim mejadi positif.

(Baca juga: Berbahayakah Memakai Bedak Tabur ke Penis?)

  1. Mengeringkan selaput lendir

Pada saat anak menghirup bedak bayi, secara tidak sengaja mampu menimbulkan keringnya selaput lendir. Selaput lendir sangat berguna untuk menyaring kotoran di dalam tubuh. Maka apa jadinya jika penyaring kotoran di dalam tubuh rusak?. Namun hal ini dapat dicegah ketika Ibu rutin mengkonsumsi madu saat hamil.

  1. Risiko penyakit kista

Rata-rata banyak Ibu yang menaburkan atau mengoleskan bedak di kemaluan pada anak perempuan. Hal ini ternyata dapat meningkatkan risiko penyakit kista yang diakibatkan pada serpihan pada bedak dapat masuk ke area vagina menuju organ genital.

Sehingga para Ibu harus berhati-hati dan menghentikan penggunaan bedak pada anak perempuan.