Find Us On Social Media :

10 Hal yang Dilakukan Orang Cerdas di Akhir Pekan, Tidak Ada Satu pun yang Terkait Pekerjaan

By Tika Anggreni Purba, Jumat, 7 April 2017 | 18:40 WIB

9 Perbedaan Antara Orang Sibuk dengan Orang Produktif (1)

Intisari-Online.com—Prinsip bekerja keras memang perlu, namun akan lebih baik lagi jika disertai dengan bekerja cerdas. Coba lihat, begitu banyak orang yang memaksa dirinya untuk bekerja siang-malam, bahkan mengabaikan libur.

Namun ada orang bekerja lebih lebih singkat dari waktu itu, namun menghasilkan hasil yang sama, bahkan lebih banyak. Mengapa bisa begitu?

Penelitian terbaru dari Stanford University, AS membandingkan pekerja yang bekerja 50 jam/minggu dengan mereka yang bekerja 70 jam bahkan lebih setiap minggunya. Hasilnya, mereka memiliki kinerja alias produktivitas yang sama.

(Berencana Snoerkeling di Liburan Long Weekend Ini? Hati-hati dengan 6 Hewan Laut Berbahaya Ini)

Belakangan diketahui bahwa kinerja orang yang bekerja 50 jam/minggu itu juga dipengaruhi dari caranya menggunakan waktu luang di hari libur akhir minggu. Laman Entrepeneur.com menyebutkan bahwa orang cerdas dan produktif menggunakan waktu liburnya sebaik-baiknya.

Ternyata dengan melakukan 10 hal ini saat weekend, mereka dapat bekerja lebih maksimal di hari senin dan seterusnya!

1. Putus hubungan dengan pekerjaan di akhir pekan

Strategi membatasi diri dari segala hal yang berhubungan dengan pekerjaan di akhir pekan adalah cara yang baik. Dengan melakukan ini, kita akan membiarkan tubuh dan pikiran kita rehat sejenak.

Jika pekerjaan Anda tidak bisa ditinggalkan sekalipun di akhir pekan, cobalah untuk mengurangi durasinya saja. Misalnya, hanya mengecek e-mail satu kali sehari, setelah Anda mengisi energi kembali dengan beristirahat.

(Menganggur saat Weekend? Cobalah 10 Kegiatan Berikut Ini! (1))

2. Mengurangi pekerjaan rumah di akhir pekan

Kalau Anda tetap harus mencuci pakaian, mengurus rumah, dll di akhir pekan, apa artinya hari libur? Usahakan untuk mengurangi pekerjaan rumah di akhir pekan, caranya adalah dengan mengatur pekerjaan rumah itu di hari biasa.