Find Us On Social Media :

Ketombe Bikin Enggak Pede? Yuk Coba Menghilangkannya dengan Cara Alami Ini

By Gavriel Sukma, Sabtu, 1 April 2017 | 10:00 WIB

ketombe mengganggu keseharian kita

Intisari-Online.com - Sebagai mahkota, rambut menjadi salah hal yang perlu dijaga dan dirawat. Perawatannya biasanya menggunakan vitamin atau perawatan rutin di salon. Namun ketika kita sudah merawatnya dengan rutin tapi masih ada masalah dengan rambut kita, artinya itu ada masalah, dan kadang membuat kita kesal.

Masalah yang sering muncul adalah ketombe, yang kadang bikin kita enggak pede.

Ketombe membuat rasa percaya diri kita berkurang, karena rasa gatal dan ketombe yang berjatuhan di baju membuat kita merasakan malu dengan keadaan ini.

Ketombe di kulit kepala ternyata dapat terjadi akibat beberapa faktor ini, seperti kulit kepala yang kering, stress, sampo yang tidak cocok, rambut yang kotor, dan masalah penyakit pada kulit seperti psoriasis.

Sebagai penderita ketombe mungkin kita pernah melakukan beberapa hal sepeti menggunakan shampo anti ketombe, membersihkan rambut rutin, hingga perawatan salon yang rutin. Namun hal ini pun masih belum bisa menghilangkan ketombe dari rambut kepala.

Tak ada salahnya jika kita mencoba beberapa cara untuk menghilangkan ketombe dengan bahan-bahan alami ini.

1. Bawang Putih

Kandungan Alicin dengan konsentrasi tinggi membuat bawang putih menjadi salah satu obat untuk menghilangkan ketombe. Selain itu bawang putih memang dari dulu sudah digunakan sebagai obat untuk mencegah jantung dan kanker. Jika kita ingin membersihkan rambut dari ketombe, cukup hancurkan bawang putih dan olehkan ke kulit kepala secara perlahan.

2. Jahe

Jahe merupakan bumbu atau rempah-rempah yang digunakan oleh masyarakat China, kandungan anti-jamur dan anti-bakteri ini membuat jahe menjadi bahan yang bagus untuk melawan ketombe di kulit kepala.

3. Pepaya

Papaya adalah satu buah yang memang banyak manfaatnya untuk kesehatan, karena dapat membangkitkan gizi ke dalamn tubuh. Pepaya yang mengandung papain dan enzim ini merupakan buah yang unik untuk pencernaan sehingga bagus untuk ketombe.

4. Apel

Selain mengandung vitamin dan nutrisi yang tinggi, apel juga mampu mengatasi ketombe. Cukup dengan mengkonsumsi apel secara rutin, hal ini dapat mengurangi ketombe di kepala.