Find Us On Social Media :

Bukan Cuma Buat Usus, Probiotik Juga Baik untuk Kesehatan Otak

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 31 Maret 2017 | 16:30 WIB

Probiotik Dongkrak Kekebalan Tubuh

Intisari-Online.com – Otak adalah central processing unit dari sistem manusia. Sistem manusia mati, jika otak tidak berfungsi. Tanpa otak memberikan sinyal ke seluruh organ agar berfungsi dengan benar, tidak mungkin bagi organ-organ itu bertahan hidup sendiri. Jadi, bisa ditakan bahwa otak adalah salah satu organ yang paling penting dari sistem manusia.

(Penggabungan Chip dengan Otak Manusia Mungkin akan Jadi Kenyataan, Elon Musk Sedang Mencari Caranya)

Memiliki otak yang sehat berarti membuat kemampuan kita untuk berkonsentrasi, berpikir rasional, mengingat peristiwa, rencana, belajar, dan lain-lain dengan normal. Jika fungsi otak tidak normal, karena beberapa kekurangan atau tidak berfungsinya otak, maka bisa mengakibatkan komplikasi kesehatan yang parah yang akan menghambat kehidupan kita sehari-hari.

Kesehatan otak manusia cenderung menurun dengan bertambahnya usia, apalagi jika tidak dirawat dengan baik. Penting untuk memiliki gaya hidup sehat dan mengambil langkah-langkah tertentu untuk memastikan bahwa otak tetap bergizi  baik, aktif, dan sehat.

Lalu mengapa probiotik baik untuk kesehatan otak?

(Tak Hanya Perlancar Pencernaan, Probiotik Juga Dongkrak Sistem Kekebalan Tubuh)

Ada miliaran bakteri yang hidup dalam tubuh manusia. Beberapa dari mereka sehat, beberapa dapat menyebabkan penyakit. Bakteri sehat membantu berbagai fungsi tubuh, seperti pencernaan, menjaga tingkat pH pada organ-organ tertentu, dan sebagainya.

Probiotik adalah mikroorganisme yang dimasukkan dalam makanan tertentu, yang bila dikonsumsi meningkatkan produksi bakteri sehat dalam tubuh, sehingga meningkatkan fungsi mereka.

Probiotik meningkatkan produksi bakteri sehat dalam usus. Otak dan usus terhubung secara biokimia. Jadi, jika usus kita sehat, maka otak kita cenderung untuk tetap sehat juga. Karena, salah satu jenis bakteri sehat yang ditemukan dalam usus dapat menghasilkan neurotransmitter dan asam amino yang dapat menyehatkan sel-sel otak.

Jadi, konsumsilah probiotik secara teratur. Tidak hanya sehat untuk usus, tetapi juga untuk otak.