Find Us On Social Media :

Mana yang Lebih Efektif Membunuh Kuman Cairan Pembersih Tangan atau Mencuci Tangan dengan Sabun?

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 7 Agustus 2018 | 21:00 WIB

Intisari-Online.com – Ada perdebatan terus-menerus mengenai efektivitas membunuh kuman di tangan, apakah dengan cairan pembersih tangan atau mencuci dengan sabun batangan.

Kita mungkin tidak tahu mana yang lebih baik, karena kita hanya tahunya disarankan untuk menjaga agar tangan tetap bersih dan mencucinya sebelum menyentuh makanan atau setelah dari kamar mandi.

Sejak kecil kita dilatih oleh orangtua untuk mencuci tangan beberapa kali sehari untuk menghindari kontak dengan kuman. Maka, sabun sudah menjadi bagian dari kehidupan kita selama bertahun-tahun.

Mencuci tangan dengan sabun akan membantu menyingkirkan bakteri, jamur, parasit, yang ada pada kulit dan kuman ini dapat berpindah karena sentuhan.

Baca juga: Jangan Asal-asalan! Ini 6 Tips dan Trik Mencuci Tangan yang Benar

Beberapa penyakit yang dapat menyebar karena tidak mencuci tangan, seperti:

Baca juga: Hi Menyeramkan! Inilah yang Terjadi Jika Kita Tidak Mencuci Tangan dengan Benar

Lalu, mana yang lebih efektif dalam membunuh kuman, apakah dengan cairan pembersih tangan atau sabun?

Istilah ‘kuman’ mengacu pada bakteri, virus, dan jamur. Sabun batangan basah memiliki lebih banyak kuman karena sabun tersebut bercampur dengan air, lemak sabun yang hancur, dan busa. Ini memungkinkan bakteri dari tangan kita menempel pada sabun batangan yang basah.

Tidak akan menjadi masalah bila sabun yang larut dalam air. Jadi, membilas sabun akan mengurangi bakteri di atasnya. Menggunakan sabun batangan di rumah akan lebih aman jika hanya sedikit orang yang menggunakannya.

Menggunakan sabun juga berdampak pada tangan. Sabun batangan memiliki tingkat pH yang lebih tinggi yang dapat menghilangkan minyak alami dari kulit kita, sehingga menyebabkan kulit lebih kering.

Baca juga: 60 Persen Masyarakat Indonesia Tidak Mencuci Tangan Setelah dari Toilet

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, membersihkan tangan dengan sabun dan air hangat dapat bermanfaat membunuh kuman.