Find Us On Social Media :

Menggunakan Aplikasi Siri di iPhone, Bocah 4 Tahun Ini Selamatkan Nyawa Ibunya

By Andrew Bari Dianto, Rabu, 29 Maret 2017 | 09:00 WIB

Roman bersama saudara kembarnya, Samuel, dan Ibunya, Claudia.

Intisari-Online.com - Siri adalah asisten pribadi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) yang dapat memudahkan hidup penggunana iPhone dengan melakukan banyak hal di iPhone melalui perintah suara penggunanya.

(Bocah 9 Tahun Ini Rela Berjualan Demi Mendanai Kakeknya yang Sakit Kanker)

Membuatkan jadwal janji, mengirim pesan, menelepon orang, merupakan berbagai kegunaan Siri ang bisa ia lakukan dalam hitungan detik.

Lebih dari itu, siapa yang menyangka, Siri ternyata bisa juga menyelamatkan nyawa pemiliknya.

Pada awal bulan Maret ini, Roman Sharma, yang berusia 4 tahun, menemukan ibunya, Claudia, tergeletak di atas lantai. Ia pun berusaha untuk membangunkan ibunya.

(Memangsa Bocah 8 Tahun, Seekor Buaya Ditembak Mati)

Karena ibunya tidak kunjung bangun, Roman langsung mengambil iPhone milik ibunya, namun ternyata, iPhone ibunya terkunci.

Hal ini tidak menghalangi Roman, dengan cerdik ia mengarahkan ibu jari ibunya kepada tombol home iPhone milik sang ibu, untuk membuka kuncinya dengan fitur sidik jari (fingerprint lock).

Usahanya pun berhasil, iPhone milik ibunya terbuka. Ia mengaktifkan Siri, dan meminta Siri untuk menghubungi 999 (nomor pusat gawat darurat Inggris). Ia pun langsung terhubung ke operator pusat gawat darurat di Inggris.

"Halo, dengan polisi. Apa keadaan darurat Anda?" ujar operator.

"Halo, aku Roman," ujar Roman.

Setelah itu, sang polisi menanyakan di mana ibu dari Roman. Lalu Roman menjelaskan bahwa ibunya tergeletak dan tak sadarkan diri.