Find Us On Social Media :

Pantai Mandaong, Tempat Berkumpulnya Pemuda Bacan dan Titik Berburu Sunset yang Tepat

By Moh Habib Asyhad, Minggu, 26 Maret 2017 | 12:30 WIB

Pantai Mandaong

Intisari-Online.com - Jangan melulu mengaitkan Pulau Bacan dengan batu bacan—karena memang batu bacan bukan berasal dari Pulau Bacan. Banyak hal lain yang bisa kita kulit tentang pulua ini, lebih-lebih soal pantai-pantainya yang tak kalah indah dibanding pantai-pantai di wilayah Indonesia bagian timur lainnya.

Salah satunya adalah Pantai Mandaong, Labuha, Bacan, Halmahera Selatan. Pantai ini terletak tak jauh dari istana Kesultanan Bacan, sekitar 10 menit menggunakan sepeda motor.

(Umbul Air Pantai Ngandong)

Di sisi pantai, terdapat tanah lapang yang biasa digunakan pemuda setempat untuk bermain sepakbola. Saat tarhim (puji-pujian sebelum azan) Magrib berkumandang, dan matahari sudah tergelincir terlalu dalam, permainan itu pun segera dihentikan. Bukan langsung pulang, melainkan langsung menjebur ke pantai yang airnya jernih lagi bersih.

Selain karena posisinya yang persis menghadap ke arah barat, pantai ini juga dilatari oleh Pulau Prapakanda dan Pulau Mandioli. Dua pulau yang punya posisi sejajar ini membuat posisi terbenamnya matahari menjadi lebih sempurna. Itu jika cuaca sedang bagus-bagusnya. Jika sedang mendung, paling tidak kita bisa mendapatkan suasana senja yang tak kalah istimewa.

“Pantai Mandaong paling pas buat melihat sunset,” ujar salah seorang operator sekolah di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Halmahera Selatan.

Pantai ini menjadi tempat renang favorit. Selain airnya yang jernih, permukaannya juga tak terlalu dalam. Cocok bagi kita yang belum terlalu fasih berenang.