Find Us On Social Media :

Mudah Akrab dengan Orang yang Berbeda Keyakinan? Anda Memiliki Intellectual Humility!

By Tika Anggreni Purba, Jumat, 24 Maret 2017 | 19:00 WIB

7 Tanda Seseorang Memiliki Kecerdasan Emosional

Intisari-online.com—Keyakinan bukan saja soal agama, namun juga prinsip, nilai, visi, harapan, pemikiran, pendapat, pilihan, dan cara pandang seseorang dalam kehidupan.

(Ingin Beli Smartphone yang Paling Pas Buat Kamu? Simak Panduan Ini)

Dalam hidup ini, kita pasti bersinggungan dengan berbagai macam orang dengan segala keragamannya. Untuk menanggapi berbagai perbedaan inilah diperlukan kecerdasan dan kerendahan hati.

Sebab selama ini yang sering terjadi justru sebaliknya. Orang yang berbeda dengan diri/kelompok sendiri dianggap tidak benar. Pemikiran tersebut terkonstruksi dalam fenomena kehidupan, sehingga tak heran banyak orang yang hidup untuk memenuhi ego semata.

Pada Huffingtonpost.com, Mark Leary, peneliti mengenai karakteristik manusia menyebutkan bahwa salah satu karakteristik manusia yang cerdas dan rendah hati dapat dilihat melalui bagaimana ia berinteraksi terhadap orang lain yang berbeda dengannya.

Lebih jauh lagi, berikut delapan ciri orang-orang yang memiliki karakteristik sebagai orang cerdas, dan juga dengan rendah hati atau bisa disebut dengan orang yang memiliki kerendahan hati intelektual (intellectual humility) alias IH.

1. Terbuka terhadap paradigma orang lain

Orang yang memiliki kerendahan hati intelektual, dapat mengenali dua sisi dari argumentasi orang lain. Ia tidak langsung menerima begitu saja pendapat orang lain, namun tidak juga memaksakan pemikirannya agar diterima orang lain.

Mereka mengakui ketika orang yang berbeda pandangan dengannya memiliki pandangan yang baik.

(Bukan Dari Ayah, Kecerdasan Anak Menurun Dari Ibu)

2. Menyadari kesalahan sendiri

Orang yang memiliki kerendahan hati intelektual yang lemah jarang mengakui mengakui kesalahannya sendiri. Sebaliknya mereka yang  memiliki IH yang tinggi, akan dengan jujur mengakui kesalahannya, tanpa berusaha membela diri.