Find Us On Social Media :

Dianggap Pesaing Utama Pesawat Siluman F-22 Raptor Milik AS, Beginilah Kecanggihan Chengdu J-20 China

By Moh. Habib Asyhad, Sabtu, 4 Agustus 2018 | 16:30 WIB

Intisari-Online.com - Chengdu J-20, yang resminya bernama Weilong atau “naga yang kuat”, adalah salah satu jet tempur paling canggih di dunia.

Lebih dari itu, pesawat ini adalah jawaban Negeri Tirai Bambu atas keberadaan F-22 Raptor milik Amerika yang juga tak kalah canggihnya.

Pada pertengahan Juli lalu, Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat (PLA Airforce) China merilis video latihan malam yang melibatkan pesawat-pesawat canggih itu dalam sebuah demonstrasi.

Pesawat yang bisa mengelabuhi radar musuh ini dikembangkan oleh perusahaan Aerospace Chengdu, yang mulai mengujinya sejak 2011 lalu.

Baca juga: Dirancang Agar Tak 'Terlihat', Pesawat Siluman F-35 AS Justru Mudah Dilacak Situs Penerbangan Sipil Ini, Kok Bisa?

Sejauh ini, meski sudah ada beberapa lusin J-20 yang telah diproduksi untuk PLA, pabrikan terus membangun lebih banyak lagi.

Sementara itu, F-22 Raptor dikembangkan oleh Lockhead Martin eksklusif untuk Angkatan Darat AS.

Sekutu terdekat AS bahkan tidak diperbolehkan mengekspornya demi melindungi kerahasiaan teknologinya yang canggih.

F-22 melalukan penerbangan perdananya pada September 1997 dan mulai beroperasi pada Desember 2005. Pada 2011, produksi F-22 dihentikan karena tingginya ongkos.

Meski begitu, di masa depan, AS berencana memperbarui pesawat tempurnya ini untuk tetap bisa bersaing dengan Weilong, salah satu pesawat generasi kelima paling canggih di dunia saat ini.

Kedua pesawat ini sama-sama punya kemampuan stealth, yang artinya dirancang untuk menghindari deteksi radar musuh.

Lalu, bagaimana perbandingan dua pesawat canggih ini?