Find Us On Social Media :

Mobil Dinas Jokowi Mogok: Jika yang Mogok Mobil Kepresidenan Amerika Serikat...

By Agustinus Winardi, Rabu, 22 Maret 2017 | 14:00 WIB

Pengawalan mobil yang ditumpangi Presiden AS

Intisari-Online.com - Pemberitaan di sejumlah media massa yang menyatakan bahwa mobil Presiden RI Joko Widodo sampai mogok empat kali dan Pak Presiden tenang-tenang saja sebenarnya sangat aneh.

(Ingin Beli Smartphone yang Paling Pas Buat Kamu? Simak Panduan Ini)

Apalagi sampai Presiden Jokowi nunggu mobilnya yang mogok diperbaiki terlebih dahulu dan setelah mesinnya nyala baru jalan lagi.

Di negara manapun Presiden yang sedang beraktivitas menggunakan mobil karena merupakan Very Very Important Person (VVIP), mobilnya selalu dalam keadaan sempurna.

(Dari Buick Hingga Mercedes,Inilah Mobil-mobil Kepresidenan Indonesia?)

Meskipun bukan mobil mewah dan antipeluru, dipastikan tidak akan mogok di jalan. Mobil yang ditumpangi seorang Presiden di jalan raya mogok termasuk kejadian sangat langka dan sekaligus aneh.

Demi menjaga keselamatan Presiden sebagai simbol negara dalam keseharian mobil-mobil yang biasa digunakan Presiden bahkan selalu dalam kondisi steril dan dijaga ketat pasukan Paspampres.

Di Amerika Serikat, misalnya,  jika dalam perjalanan mobil yang ditumpangi Presiden tiba-tiba mogok pasukan yang khusus pengawal Presiden (Secret Service) langsung menerapkan pengamanan maksimal dan cepat-cepat memasukkan Presiden ke dalam mobil cadangan.

(Peran Buku dalam Kepresidenan Obama Sangat Besar)

Mobil Presiden bisa mogok bahkan bisa ditafsirkan oleh Secret Service sebagai ancaman keamanan atau sabotase.

Oleh karena itu ketika Presiden AS berpindah ke mobil cadangan yang selalu mengikuti di belakangnya, semua personel Secret Service bersikap siaga penuh.

Tapi begitu Presiden masuk ke mobil cadangan, aktivitas Presiden terus berlanjut dan seperti tidak terjadi kejadian apa-apa.