Find Us On Social Media :

Selamat Jalan Legenda Musik Rock and Roll Chuck Berry, Karyamu Abadi!

By Moh Habib Asyhad, Minggu, 19 Maret 2017 | 15:30 WIB

Legenda musik rock and roll Chuck Berry

Intisari-Online.com - Legenda musik rock and roll, Chuck Berry, meninggal dunia pada usia 90 tahun di Amerika Serikat. Kematian Chuck Berry dipastikan setelah Kepolisian Distrik St Charles di Negara Bagian Missouri mendapat laporan mengenai kondisi seorang pria yang tak lagi merespons pada pukul 12.40 waktu setempat.

“Sayangnya pria berusia 90 tahun itu tidak bisa lagi ditolong dan dinyatakan meninggal dunia pada pukul 13.26. Kepolisian Distrik St Charles dengan sedih memastikan kematian Charles Edward Anderson Berry Sr atau lebih dikenal sebagai musisi legendaris Chuck Berry,” sebut pernyataan kepolisian.

(Ingin Beli Smartphone Asus yang Paling Pas Buat Kamu? Simak Panduan Ini)

Selama tujuh dekade malang melintang di dunia musik, Chuck Berry menghasilkan sejumlah lagu kondang, termasuk “Roll Over Beethoven” dan “Johnny B. Goode”.

Atas pencapaiannya, Berry menerima penghargaan seumur hidup yang diberikan pada acara Piala Grammy pada 1984. Dia juga merupakan salah satu orang pertama yang dimasukkan Rock and Roll Hall of Fame pada 1986.

Musik yang diusung Chuck Berry jelas mempengaruhi musisi lain. Baik the Beatles maupun the Rolling Stones pernah memainkan lagu-lagunya.

“Jika Anda ingin mencoba memberi nama lain pada rock 'n' roll, Anda bisa menyebutnya 'Chuck Berry',” ujar anggota The Beatles, John Lennon, pada suatu ketika.

(Legenda Tinju Dunia Muhammad Ali Meninggal pada Usia 74 Tahun)

Vokalis the Rolling Stones, Mick Jagger, pernah mengatakan bahwa Chuck Berry “Menyalakan masa remaja kami dan meniupkan kehidupan pada mimpi-mimpi kami.”

Kepergian Berry disambut duka oleh sejumlah musisi, termasuk The Jacksons. “Chuck Berry memadukan irama blues dan swing pada masa-masa awal rock'n'roll. Di dunia musik, dia menciptakan jejak yang paling panjang. Terima kasih Chuck,” sebut kelompok itu dalam cuitannya.

Penulis lagu sekaligus penyanyi, Huey Lewis, menyebut Chuck Berry “Mungkin adalah sosok paling penting dalam jagat rock and roll. Musik dan pengaruhnya akan bertahan sepanjang masa.”

Chuck Berry dilahirkan di St Louis, Missouri, pada 1926. Lagu tenar pertama yang dia rilis berjudul “Maybellene”, pada 1955. Tahun lalu, dia mengumumkan rencananya untuk merilis album pertama dalam empat dekade terakhir. Dia mendedikasikan album itu untuk istrinya yang telah mendampinginya selama 68 tahun, Themetta “Toddy”.